30 Okt 2011

Buku Terlarang Di Dunia

Buku terlarang di dunia. Buku-buku ini dilarang karena terlalu menyinggung masalah agama/ras atau juga mengeksploitasi seks dan kekerasan secara melampui batas. Berikut buku-buku terlarang di dunia.


1. The Satanic Verse (karya: Salman Rushdie)


Novel keempat dari Salman Rushdie, terbit pertama kali tahun 1988. Judul bukunya berarti "Ayat-Ayat Setan". Buku ini terinsiprasi dari kisah hidup Nabi Muhammad saw.

Sinopsis:

Dalam kilas balik kehidupan Mahound yang berseting di Jahiliyah yang berupa mimpi atau penglihatan dari Gibreel, dikisahkan bahwa sang "Messenger" (perantara) dihadapkan pada pilihan sulit untuk berkompromi dengan adat politeisme. Pada saat ia ingin memperkenalkan sistem monoteisme yang diwahyukan kepadanya, hal tersebut ditentang oleh masyarakat setempat.

Pada puncaknya ia harus memilih antara mengakui ketiga dewi utama Jahiliyah (Allat - bentuk wanita dari Allah, Uzza, dan Manah) sebagai setara dengan Allah dan seluruh penduduk Jahiliyah akan menyembah Allahnya Mahound, atau ia dapat bersikeras untuk menolak dewi-dewi tersebut dan akan dimusuhi/diasingkan. Setelah ia mengundurkan diri untuk mencari wahyu, pertama-tama ia kembali dengan menyatakan bahwa ia mendapatkan wahyu dari Gabriel bahwa ketiga dewi tersebut akan diakui setara dengan Allah; namun kemudian setelah ia naik gunung lagi, ia kembali dengan menyatakan bahwa wahyu sebelumnya adalah dari setan dan harus dimusnahkan dari semua catatan tertulis yang telah dibuat, sebagai akibatnya ia dan pengikutnya melarikan diri dari Jahiliyah.

Dua sequence pendek lainnya yang menceritakan tentang Mahound mengisahkan tentang tokoh bernama Ayesha, yang diceritakan merupakan anak perempuan muda yang menjadi istri Mahound, dan awal mula sistem poligami dalam kepercayaan yang disebarkan oleh Mahound.

Sequence ketiga mengisahkan tentang seorang pengikut Mahound, yaitu juru tulisnya dari Turki, yang mencatat semua syair (karena wahyu yang disampaikan kepada Mahound dibacakan seperti puisi sesuai dengan tradisi oral masyarakat saat itu) yang diutarakan oleh Mahound; juru tulis tersebut menjadi benci dengan Mahound karena ia beberapa kali menyelamatkan Mahound dan pengikutnya namun tidak pernah diakui jasanya, kemudian bibit ketidakpercayaannya membuatnya menguji apakah benar wahyu Mahound berasal dari malaikat. Diceritakan ia mengubah beberapa kata-kata kecil pada saat ia mencatat apa yang dikatakan Mahound tanpa sepengetahuan Mahound. Hasilnya ternyata Mahound yang mendengar ulang apa yang dituliskan tidak menyadari perubahan yang terjadi. Sang juru tulis akhirnya berkesimpulan bahwa wahyu tersebut tidak lain adalah hasil rekaan Mahound sendiri. (wikipedia)

Buku ini membuat marah kaum muslim. Pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Khomeini mengeluarkan fatwa mati untuk Salman Rushdie. Hadiah 1 juta dollar bagi siapa yang mampu membunuh Rushdie, 3 juta dollar bila pembunuhnya adalah warga Iran. Venezuela dan India melarang beredarnya buku tersebut. di Jepang, penerjemah buku tersebut ditikam hingga mati. Di Britania Raya buku tersebut sering dibakar demonstran. Tahun 1989 di Pakistan buku tersebut menyebabkan kerusuhan.

Walau Ayatollah Khomeini menuduhnya telah murtad, pada tahun 1990, Rushdie menulis esai, mencoba membuktikan ia masih beriman pada Islam (di kemudian hari dia menyatakan hal tersebut hanya berpura-pura guna meredakan kemarahan umat muslim).

Kemarahan umat muslim masih berlanjut saat Salman Rushdie diberi gelar Knighthood oleh Kerajaan Inggris. Al Qaeda menyatakan hal itu sebagai penghinaan terhadap Islam.

2. American Psycho (karya: Bret Easton Ellis)


American Psycho adalah thriller psikologis dan novel satir oleh Bret Easton Ellis, yang diterbitkan pada tahun 1991. Dalam buku ini dikisahkan dalam sudut pandang orang pertama tokoh protagonis, pembunuh berantai dan pengusaha Manhattan, Patrick Bateman. Kekerasan grafis novel dan konten seksual yang dihasilkan mengundang banyak kontroversi sebelum dan setelah publikasi.

Disebabkan isi novel yang sangat mengandung kekerasan dan kejahatan seksual, sang penulis mendapat surat kebencian dan ancaman kematian. Di beberapa negara, buku ini tidak boleh dijual kepada orang di bawah usia 18 tahun.

Pada tahun 2000, novel ini telah difilmkan dengan menggunakan judul yang sama dan dibintangi Christian Bale.

3. The Da Vinci Code (karya: Dan Brown)


Salah satu buku terlaris di dunia dengan 36 juta eksemplar (Agustus 2005). Novel ini bercerita bahwa Gereja Katolik terlibat dalam konspirasi menutupi kisah Yesus sebenarnya. Mengkritik Vatikan bahwa mereka hidup dalam suatu kepalsuan namun tetap bertahan demi mempertahankan kekuasaannya.

Novel ini dibuka dengan klaim Dan Brown bahwa "Semua deskripsi karya seni, arsitektur, dokumen, dan ritus rahasia dalam novel ini adalah akurat."

4. Lolita (karya: Vladimir Nabokov)


Buku ini menceritakan seorang pria paruh baya, Humbert Hambert (nama samaran), yang menyukai putri tirinya, gadis berusia 12 tahun yang bernama Dolores (Lolita). Kisah ini diawali dengan sebuah refleksi yang menggunakan "wordplay" untuk menggambarkan nafsu Hambert terhadap puteri tirinya dan asal kata "lo lee ta"..

Akibat isi ceritanya yang dianggap tak bermoral, Lolita dicekal dibanyak negara. Saat pertama merilisnya, Vladimir Nabokov menggunakan Pseudonymity (nama samaran).

5. Adventures of Huckleberry Finn (karya: Mark Twain)


Mark Twain menulis 200 kata negro di buku ini. Akibatnya dilarang beredar di seluruh perpustakaan Amerika Serikat dan juga dihapus dari kurikulum sekolah.

18 komentar:

  1. wah...mantap gan.... yang buku pertama ntuh memang kurang ajar banget "menurut saya" apa lagi dari britania raya memberi gelar ama pengarangnya...menyakitkan banget.... tapi kelak mereka akan mengetahui gan.... :D nice info....

    BalasHapus
  2. satu lagi

    BAIT BAIT INTIKALI

    namun entah kapan ini akan dibukukan :D

    BalasHapus
  3. Aku sudah baca yang "Lolita". Wajar sih kalau dicekal. Ceritanya dari sudut pandang si pedofil. Aku bacanya sampai kesal sendiri. Grrr...

    BalasHapus
  4. saya cuma pernah baca yg da vinci code....
    novel itu kan...??
    yg ada filmnya juga tah....

    BalasHapus
  5. Davinci Code udfah pernah di filmkan juga ...

    kalo untuk penulis Indonesia .. siapa aja yg di cekal bukunya ya .. ?

    BalasHapus
  6. Panjangnya.... tapi mantap infonya. TFS ya....

    Kelihatannya aku punya ebook satanic verses (Indonesia) tapi belom sempat terbaca. Jadi males baca & lebih baik dihapus tanpa baca. Amit2 deh.

    BalasHapus
  7. Kalau menurut saya buku tsb ingin mengukap hal yang belum pernah di ekspose sama sekali dimedia,kalau dalam kode etik jurnalis baik baik aja kok
    Aku juga pernah baca Da Vinci Code,buku emang menerangkan sesuatu yang agak sedikit berbahaya kalau di publish

    BalasHapus
  8. wah ada aja ya inspirasi orang untuk nulis buku. dari yang menarik sampai yang menyimpang. XD

    BalasHapus
  9. wah, ternyata the da vinci code juga terlarang ya,

    BalasHapus
  10. cuma pernah tau yang da vinci code... :p

    BalasHapus
  11. yang pernah denger cuman satanic verses sama davinci code doang
    tapi belum satupun yang sempat baca

    BalasHapus
  12. Da Vinci Code bukunya laris dijual termasuk terjemahannya di Indonesia beserta filmnya.
    Vatikan melarangnya tapi negara2 lain ? sepertinya tidak.

    Hucklebery Finn mungkin dilarang diseolah2 dan perpustakaan tapi tetap dijual.

    Ayat2 Setan, dilarang dinegara2 Islam tapi dinegara2 Barat belum tentu. Karena pengarangnya bebas berkeliaran.

    BalasHapus
  13. walah, kalo buku terlarang kok masih tetep beredar?

    BalasHapus
  14. justru mungkin karena terlarang makanya bikin banyak yang penasaran dan akhirnya laku sampe jutaan copy gitu yah?.

    some of them pernah baca.

    BalasHapus
  15. Dari semua itu yg aku baca hanya Da Vinci Code... :)

    BalasHapus
  16. idem Mbak Reni...
    aku hanya membaca Da Vinci Code

    BalasHapus
  17. Waaaaaaaah American Psycho itu ada filmnya!! Bagus lho, yang maen Christian Bale yg jadi Batman! :D

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.