Jul 10, 2013

Puasa Ramadhan Di Musim Panas: Ujian Keimanan 1,5 jam

Bersyukurlah berpuasa di Indonesia, musim hujan atau musim kemarau jarak waktu lama puasa dalam sehari kurang lebih 14 jam. Anda yang workaholic mungkin tak akan merasakan "lamanya puasa" karena terbiasa hanya makan pagi dan malam (tak makan siang).


Sementara di Eropa dan Amerika mereka harus menjalani jangka waktu berpuasa yang sangat panjang di musim panas. 

Di New York, waktu berpuasa kurang lebih 16 jam dengan cuaca panas yang menyengat. Yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan pasti sangat lelah. Subuh sekitar jam 4.30 pagi dan maghrib sekitar pukul 20.30.

Sementara itu di Rusia puasa berlangsung selama 19 jam di musim panas kali ini. Matahari bersinar lebih lama di musim panas, sehingga ada istilah "Malam Putih/Bilii Nosii". 10 tahun yang lalu pukul 00.30 matahari masih terlihat di barat! Matahari masih hendak terbenam. Sekarang ini (Juli 2013) waktu subuh dimulai pukul 03.12 dan waktu maghrib akan tiba jam 22.11.

Tarawih mulai diadakan selepas isya pukul 23.51, setelah itu anda hanya punya waktu 1,5 jam untuk tidur malam, sebab sholat subuh akan menanti. Setelah sholat subuh inilah, muslim Rusia dapat "tidur malam" atau kembali bersiap untuk bekerja.

Karena anda hanya memiliki waktu tidur 1,5 jam itulah, R10 menyebutnya "ujian keimanan 1,5 jam". 
Bersykurlah orang-orang yang dimudahkan Allah untuk menjalani ibadah puasa dengan baik dan tetap dapat beraktivitas seperti biasa.

Musim Dingin Puasa Bisa Pendek Waktunya

Puasa Ramadhan di musim dingin lebih menyenangkan. Hanya sekitar 8 jam. Sahur jam 7 pagi dan buka puasa pukul 4 sore. Tapi di Rusia, hal ini baru kembali terjadi 18 tahun mendatang.

via Kompasiana dan Oryza Facebook Status

12 comments:

  1. Makasih infonya dan Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. benar2 diuji tuh keimanannya, tidur cuma 1.5 jam, puasa 19 jam, cep cep cep, mungkin pahala nya lebih besar ^_^

    ReplyDelete
  3. waduh gak kebayang deh saya kalo puasa 19 jam + musim panas, emang benar2 diuji keimanannya

    ReplyDelete
  4. hikmah hidup di negeri tropis ya? :P

    ReplyDelete
  5. jadi keinget curhatan temenku yg tinggal di amerika utara rio, pas musim dingin dia hore2 puasanya. begitu musim panas, beuh, 20 jam lebih! hahaha

    ReplyDelete
  6. cuma 1,5 jam untuk istirahat ya? tapi kalo memang dia niat dan bener-bener pengen meraih pahala terbaik di bulan ramadhan, pasti diusahakan dikerjakan semua. ya ibadahnya, ya kerja juga. met puasa, kak :)

    ReplyDelete
  7. Kemarin Pascal lihat di TV orang yang berpuasa di Belanda buka puasanya jam 10 malam, katanya untung aku puasanya di Indonesia

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah...
    nggak kebayang bgmn puasanya orang Rusia, semoga diberi kemudahan ^_^

    ReplyDelete
  9. di sini saya kira banyak juga yang sehari puasa waktunya panjang, bahkan bukan saja sebulan tapi sepanjang tahun.

    ReplyDelete
  10. selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,
    bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.