Jul 7, 2013

Belajar Dari Kesombongan Nokia 3210

ponsel terlaris
Nokia 3210 merupakan ponsel paling laris sepanjang masa. 160 juta unit terjual di seluruh dunia. Dirilis tahun 1999, 3210 memberikan terobosan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Yakni antena internal. Dijamannya ponsel umumnya memiliki antena luar yang membuat fisik ponsel membesar. Berkat antena internal dan teknologi T9 (teknologi prediksi teks), Nokia 3210 laris manis. Bila dibuat analogi, Nokia 3210 pantas menjadi sombong.


Namun apa yang terjadi 10 tahun kemudian? Anda bisa lihat sendiri. Bila dahulu Nokia 3210 merupakan "mainan" kaum berduit, sekarang semua orang dapat memiliki ponsel jenis ini. Teknologi canggih yang dimiliki Nokia 3210, saat ini tak lebih dari teknologi featured phone (ponsel berharga murah dengan fitur secukupnya). Saat ini dengan uang sebesar Rp 300.000 anda sudah dapat membeli featured phone dengan kualitas yang lebih baik.

Tiap-Tiap Sesuatu Memiliki Masa

Tiap-tiap sesuatu memiliki masa. Teknologi hebat yang dimiliki Nokia 3210 di tahun 2000-an, 10 tahun kemudian teknologi tersebut hanya teknologi kuno. Teknologi jadul (jaman dulu).  

Tahun 1999 Nokia dijual £149.99 atau sekitar Rp 2,2 juta rupiah (kurs tahun 2013). Dengan uang Rp 2,2 juta sekarang ini, anda sudah dapat membeli smartphone yang memiliki banyak fitur canggih.

Pelajaran Bagi Mereka Yang Sombong

Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lobang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan.” (QS. Al-A’raf: 40)

Belajar dari Nokia 3210, maka kita akan tahu. Kesombongan hanya akan membuat manusia rugi. Tiap-tiap sesuatu memiliki masa. "Kesombongan" pun ada masanya. 

Ketampanan, kecantikan, kekayaan, kekuasaan, dan lain-lain. Menyombongkan semua itu merupakan pekerjaan sia-sia karena semua itu tak akan abadi.

22 comments:

  1. Terima kasih Mas Ario, memang sesuatu kejayaan itu ada masanya, dan tidak ada yang kekal dimuka bumi ini. Maka janganlah kita sombong dan lupa diri. Terima kasih atas pencerahannya..

    ReplyDelete
  2. jadi keinget sejarah Dell, yang sombong, yang menghina Steve Jobs :D

    ReplyDelete
  3. pas sekali mas Rio analogi dan perbandingannya

    ReplyDelete
  4. bener tuh sob tiap sesuatu memiliki masa nya, bahkan smartphone bb pun sekarang sudah mulai ditinggalkan.

    ReplyDelete
  5. tapi sombong itu tidak memiliki massa sob, manusia tidak berhak untung sombong sob

    ReplyDelete
  6. Maka dari segala sesuatunya jangan dianggap remeh dan karena kalau ada merk jadul pasti gak ada itu namanya teknologi canggih seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  7. yang berjaya pada tahun sebelumnya kemungkinan akan hilang ditelan zaman yang semakin modern....:-)

    ReplyDelete
  8. hmmm, bener jg yahh penjelasan ayat al-Qur'an dgn analogi hp jadul punya mama saya dulu yg kalo sms bunyi tiiittiiitttiiiitt.. hihihi
    kangen ni hp

    ReplyDelete
  9. bener banget tak ada yang abadi,

    saya masih punya hp kaya gitu di rumah

    ReplyDelete
  10. bener banget gan..
    semoga kita tidak termasuk orang-orang yang sombong.

    Tapi kalau sombong menurut Islam itu, perbuatan suatu kaum yang tidak mau menerima kebenaran Agama :)

    ReplyDelete
  11. NOKIA = AIKON
    itu keinginan dari pemiliknya
    dan nokia sempat menjadi aikon dunia
    sekarang android merajai
    hidup itu bagai roda
    kadang diatas kadang dibawah

    ReplyDelete
  12. ini jaman-jamannya hp tenar ya di indonesia :)

    ReplyDelete
  13. Aku dulu juga punya model yang ini,, tapi karena sudah lowbat aku jual saja,, heheee

    ReplyDelete
  14. Pelajaran buat kita untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya

    ReplyDelete
  15. wajar saja lah sombong kalo itu dulu
    kecuali dulu sudah ada ipun dan andruit baru bisa dibilang kurang ajar...

    ReplyDelete
  16. itu sebabnya, untuk urusan teknologi sy gak nyari yg versi baru. terlalu sombong makenya. mending yg biasa2, kan yg dibeli kegunaannya, bukan modelnya. beda ama kaum artis, berduit, bejabat, yg sombong, kalo beli barang mesti update

    ReplyDelete
  17. ya Allah, bersyukur aja aku masih suka lupa, belum lagi harus belajar rendah hati ya :"

    ReplyDelete
  18. trimakasih atas pencerahannya sob,,,,
    semoga kita semua selalu bersyukur,,,
    agar tidak sombong atas apa yg ada

    ReplyDelete
  19. semuanya akan tergerus oleh waktu dan kemajuan-kemajuan lain akan dibukakan dan umat terdahulu yang merasa canggih bukanlah apa-apa dan sampai kapan pun manusia bukanlah apa-apa dimata Tuhan.
    kesombongan adalah jubah Tuhan, tidak ada sesuatupun yang pantas memakainya.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.