Apr 22, 2013

Jawaban Telak

"Hati-hati nak!" ujar Abu Hanifah pada seseorang anak yang berlari dan terjatuh. "Jatuhku ini sembuhnya cepat wahai Syaikh," sahut si anak, tapi kalau kau yang tergelincir, umat akan tersesat.


"Aku takut atas amanah ini!" ujar Umar ibn Abdul Aziz setelah diangkat menjadi Khalifah. "Yang kami takutkan justru kalau kamu tidak takut!" sahut Imam Asy-Sya'bi.

"Di masa Abu Bakar dan Umar kehidupan makmur dan sentosa, mengapa di masamu banyak fitnah dan sengketa?" hardik seorang Khawarij. Maka Ali pun menyahut, "Sebab di masa Abu Bakar dan Umar rakyatnya seperti aku, sedang di masaku rakyatnya seperti kamu."

"Apa hikmah diciptakannya lalat?" tanya Al-Walid ibn Abdil Malik yang sewenang-wenang dalam mengemban kekhalifahan. "Untuk menghinakan para penguasa yang sombong!" sahut Thawus ibn Khaisan Al-Yamani.

4 comments:

  1. keren nih... jawaban-jawabannya membuat yang bertanya jadi merenung, karena gak semua jawaban itu justru memojokkan yang ditanya...

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.