Apr 22, 2013

Masjid Pertama Di Jepang Masih Utuh Setelah Serangan Bom Dan Gempa Bumi

Kobe Mosque merupakan masjid pertama di Jepang. Masjid ini didirikan pada tahun 1928 di Nakayamate Dori, Chuo-ku. Kobe artinya Gate of God atau gerbang Tuhan. Ada sejarah yang menakjubkan dari masjid Kobe sehingga masjid ini dapat bertahan dari serangan bom dan gempa bumi.


Serangan Bom

Pada tahun 1945 Jepang menyerang Pearl Harbour yang membuat Amerika Serikat membalasnya dengan serangan bom atom. Amerika menyerang Nagasaki dan Hiroshima dengan bom atom. Kota Kobe juga tak luput dari serangan. Seperti terlihat di foto, kota Kobe dihujani serangan bom, subhanallah, alhamdulillah masjid Kobe selamat dari serangan bom walau gedung lain rata dengan tanah.

Kerusakan masjid hanya keretakan pada dinding luar kacanya yang pecah. Tentara Jepang yang berlindung di bawah tanah masjid dan juga persenjataan yang disimpan selamat. Masjid ini kemudian menjadi tempat pengungsi korban perang.

Pasca perang dunia kedua, Arab Saudi dan Kuwait menyumbang dana renovasi dalam jumlah besar. Kaca-kaca jendela yang pecah diganti dengan kaca-kaca jendela baru yang didatangkan khusus dari Jerman. Sebuah lampu hias baru digantungkan di tengah ruang shalat utama. Sistem pengatur suhu ruangan lalu dipasang di masjid ini.

Gempa Bumi

Pada tahun 1995 Kobe terkena gempa bumi dahsyat. Gempa dengan kekuatan 7,2 pada skala Richter menelan korban jiwa sebanyak 6.433 orang. Hebatnya sekali lagi masjid Kobe sanggup bertahan dari gempa bumi. Allahu Akbar!

Masjid Kobe saat ini masih digunakan oleh kaum muslimin untuk menjalankan aktivitas ibadahnya.

10 comments:

  1. Allahu akbar.. setiap kali ada musibah besar, maka rumah Allah selalu selamat..bukti kebesaran Allah.

    ReplyDelete
  2. subhanallah , Maha Suci ALLAH Dengan segala ciptaan-NYA :-)

    ReplyDelete
  3. subhanalloh,,,inilah kebesaran allah swt sang pecipta bumi dan langit

    ReplyDelete
  4. subhanallah :D
    udah banyak banget bukti kebesaran Allah yang kadang kitanya masih ngeyel aja. haha

    ReplyDelete
  5. h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }

    kenapa itu yo?
    lagi diedit yah? :P

    emang sih di Aceh masjid juga berdiri megah saat tsunami

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lagi di edit sambil ditinggal keluar -_-

      Delete
  6. tidak ada sejarahnya bagaimana masjid tersebut dibangun? terus siapa orang pertama yang menyebarkan Islam di jepang? ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembangunannya didanai oleh sumbangan dari Komite Islam Kobe dan dimulai sejak tahun 1928 hingga dibuka pada tahun 1935. - wiki

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.