Apr 15, 2013

Demba Ba Memulai Hari Dengan Sholat Subuh

Pesepakbola Chelsea, Demba Ba memberikan rahasia keberhasilannya. Ia memulai hari dengan sholat subuh dan berusaha untuk menjalankan semua kewajiban yang diajarkan Islam, termasuk menjaga sholat lima waktu. Berikut wawancaranya dengan FourFourTwo perihal aktivitas kesehariannya.


Jam 6 pagi

Sebagai muslim, Ba berusaha menjaga sholat lima waktu. Sholat pertama yang dilakukannya adalah sholat subuh, sebelum matahari terbit. Sholat merupakan bagian paling penting dalam hidupnya.

Jam 10 pagi

Ba menjelaskan dirinya tidur malam jam 11.30. Ba mengaku tidak banyak tidur. Bila bertanding pada pukul 3 sore, Ba akan tidur pukul 10-11 malam.

10.30 pagi

Saat bangun, Ba menyukai makan telur dan makanan khas Senegal, yakni thiakry. Makanan Senegal yang terdiri dari  campuran yoghurt dan pasta ditambah gula atau kayu manis.

11.30 pagi

Masih di pagi hari, Ba melanjutkan aktivitasnya dengan melakukan skipping untuk melatih kardio.

1 siang

Bila tiba hari pertandingan, Ba memilih untuk berangkat dua jam lebih awal ke stadion. Untuk membantunya fokus dan rileks menjelang laga. Ba memutar lantunan ayat suci Al Quran di alat pemutar musik melalui headphone.

1.30 siang

Saat tiba di kamar ganti, Ba berbicara dengan rekan-rekan setimnya. Menyiapkan peralatan pertandingan, lalu menunggu sekitar 10 - 15 menit, sebelum menuju lapangan untuk melakukan pemanasan. Yang biasanya sekitar 40 menit sebelum pertandingan.

3 sore

Ba tidak mempercayai takhayul saat pertandingan. Baginya, takhayul merupakan kelemahan mental. Ba hanya berpikir untuk fokus dan santai. Filosofi Ba, sepak bola seperti golf. Penting untuk berkonsentrasi sekaligus santai. Bila tidak maka permainan tidak akan berjalan baik.

via FourFourTwo

5 comments:

  1. subhanallah..tapi kok saya tidak melihat dan membaca ada kegiatan demba ba melakukan sholat dzuhur di siang hari :-)

    ReplyDelete
  2. Semoga demba ba makin top tapi jangan sampai lupa sama ibadahnya.

    ReplyDelete
  3. Demba Ba kereeeennnn!!!
    semoga karier nya lancar yaa...

    ReplyDelete
  4. hemmm
    keren bener dembam ba...
    jd terinspirasi olehnya..

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.