Mar 27, 2013

Catper R10 Saat Mengikuti myQuran Peduli Sekolah - MI Nurul Islam Karawang

Alhamdulillah R10 kemarin dapat kembali mengikuti kegiatan baksos myQuran Peduli Sekolah. Ini adalah baksos ketiga R10 bersama myQuran. Berikut catatan perjalanan kegiatan baksos MI Nurul Islam Karawang.


Titik Kumpul Pertama: Kampung Makassar


di kampung makassar

Kegiatan baksos ini berlangsung pada hari minggu 24 Maret 2013. Walau demikian para relawan diharapkan untuk mabit terlebih dahulu di dua titik kumpul. Kampung Makasar, Jakarta Timur atau Bekasi. R10 sendiri lebih memilih untuk mabit di Kampung Makasar karena Bekasi merupakan wilayah yang mana R10 belum mengenalnya dengan baik.

Tujuan mabit untuk mengumpulkan panitia dan relawan kurang berhasil dikarenakan sejak lepas ashar dan terutama magrib Jakarta diguyur hujan deras. Alhasil hanya ada 10 relawan yang mabit di Kampung Makassar. Di Bekasi malah tak ada relawan yang bermalam.

Titik Kumpul Kedua: Bekasi

di bekasi

Akibatnya para relawan harus bisa tiba di Kampung Makassar sebelum tim berangkat. Alhamdulillah di pagi hari relawan berdatangan dan kami bisa berangkat pukul 6.30 menuju titik kumpul kedua di Bekasi.

Kami tiba di Bekasi pukul 7.45. Cukup cepat karena tidak ada macet. Sempat ada insiden saat pick up yang membawa paket bantuan terkena tilang di daerah Kalimalang. Penyebabnya ternyata karena tidak memakai safety belt dengan baik. Di Bekasi sejumlah myQers sudah menunggu. Relawan yang tak mabit di Bekasi memilih datang pagi harinya.

Setelah rehat dan makan pagi, kami melanjutkan perjalanan ke Karawang pukul 9 pagi. Jam 10.10 kendaraan R10 sudah tiba di pom bensin terakhir, dan menunggu kedatangan tim lain sekitar 10 menit untuk bersama-sama menuju lokasi baksos secara bersama-sama. Kami tiba di lokasi pada 10.40

Tiba Di Lokasi

tiba di lokasi

Di lokasi kami langsung disambut oleh para murid dan guru MI Nurul Islam serta warga setempat. Mungkin karena ingin segera memulai acara dan juga warga yang tak sabar menanti kehadiran kami, maka ketika datang kami kurang terkoordinir dengan baik, sempat ada insiden warga yang tak terdaftar mengambil paket snack untuk relawan. 

suasana di lokasi

penyerahan paket bantuan secara simbolis

penyerahan kursi lipat secara simbolis

penyerahan al quran secara simbolis

Secara keseluruhan acara berlangsung lancar, Alhamdulillah. Pukul 13.20 acara selesai. Senang sekali melihat keceriaan anak-anak saat diajak bermain games dan ketika diberikan paket bantuan berisi pakaian sekolah, tas dan alat tulis. Kursi lipat untuk bangku sekolah juga kami berikan. Namun kursi itu sudah kami serahkan pada hari sebelumnya melalui angkutan dari toko penjual yang mengantar langsung kursi lipat tersebut. Jadi penyerahan kursi lipat di hari Minggu hanya seremonial belaka. 



Usai acara berakhir kami melanjutkan makan siang bersama di rumah Kepala Sekolah MI Nurul Islam yang tak jauh dari lokasi. Dilanjutkan foto bareng di lokasi bendungan yang jebol akibat luapan sungai Citarum.

Pukul 15.00 kami pulang. Ada tim yang langsung menuju Kampung Makassar, namun R10 harus ke Bekasi dahulu untuk mengambil motor lalu menuju Kampung Makassar untuk mengembalikan helm. Setelah itu baru kembali pulang ke Ciputat. Tiba di rumah sekitar pukul 20.15. 

Pengalaman Pertama Live Blogging

Meliput kegiatan Baksos myQuran Peduli Sekolah: MI Nurul Islam Karawang adalah pengalaman pertama R10 mencoba melakukan live blogging. Salah satu alasan keinginan memiliki smartphone Android adalah agar dapat live blogging.

R10 masih banyak belajar dalam live blogging. Menulis di aplikasi Blogspot Android terasa tidak memuaskan, mungkin belum familiar kali yah. Mungkin live blogging lebih pas bila update melalui status dan foto, lalu setelah kegiatan usai baru dirangkum di blog untuk dirapikan tulisan dan timelinenya.

Hal lain sebagai pengalaman pertama live blogging pertama ini adalah, mengetik di dalam kendaraan yang melaju itu menyulitkan. Goyangan mobil membuat tangan R10 sulit untuk mengetik huruf-huruf di keyboard touch screen.

Semoga live blogging berikutnya R10 dapat memberikan report yang lebih baik.


Terima kasih kepada:

KCT, Rumah Zakat, Sedekah Harian, Dompet Dhuafa, ZIS Indosat, MP4Palestine, serta donatur individu yang telah membantu memberikan bantuan donasi.

Foto via dokumentasi pribadi dan Bang Hasan

3 comments:

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.