Apr 1, 2013

April Mop: Islam Melarang Untuk Berbohong

ikon april mop
April Mop merupakan budaya barat yang mana kita diperbolehkan untuk membohongi orang lain. Saking popularnya April Mop di barat bahkan hal yang biasa bila koran atau bahkan tv untuk membuat berita bohong guna menaikkan oplah/rating dan mengerjai pembaca/pemirsanya. April Mop ini sangat bertentangan dengan ajaran Islam. 


Hadits Larangan Berbohong Untuk Bercanda

Terdapat hadits yang secara jelas melarang umat muslim untuk berbohong walau tujuannya untuk bercanda:


وَيْلٌ لِلَّذِى يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ

Celakalah orang yang berkata dusta agar orang-orang tertawa! Celakalah dia! Celakalah dia!” (HR. Abu Daud no. 4990, dishahihkan oleh Asy Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud)


Kejujuran Itu Kebaikan

إنَّ الصِّدقَ يَهْدِي إِلَى البرِّ ، وإنَّ البر يَهدِي إِلَى الجَنَّةِ ، وإنَّ الرَّجُلَ لَيَصدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيقاً . وَإِنَّ الكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الفُجُورِ ، وَإِنَّ الفُجُورَ يَهدِي إِلَى النَّارِ ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكتَبَ عِنْدَ الله كَذَّاباً

Sesungguhnya ash shidq (kejujuran) itu menunjukkan kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan itu menunjukkan ke surga dan sesungguhnya seorang bermaksud untuk jujur sehingga dicatatlah di sisi Allah sebagai seorang yang jujur. Dan sesungguhnya kedustaan itu menunjukkan kepada kejahatan dan sesungguhnya kejahatan itu menunjukkan kepada neraka. Sesungguhnya seorang itu bermaksud untuk berdusta sehingga dicatatlah di sisi Allah sebagai seorang yang suka berdusta.” (Muttafaq ‘alaih)



Tak hanya melalui hadits, di dalam Al Quran, perintah agar umat Islam untuk bertindak jujur sangat ditekankan. Karena ini bagian dari iman dan takwa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Hai sekalian orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah engkau semua bersama-sama dengan para shiddiqin (orang-orang yang jujur perilakunya).” (At Taubah: 119)

فَلَوْ صَدَقُوا اللهَ لَكَانَ خَيْراً لَهُمْ

Dan andaikata mereka itu bersikap benar terhadap Allah, pastilah hal itu amat baik untuk mereka sendiri.” (Muhammad: 21)

وَالَّذِي جَاءَ بِالصِّدْقِ وَصَدَّقَ بِهِ أُولَئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

Dan orang yang membawa kebenaran dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.” (Az Zumar: 33)


Kesimpulan


April Mop itu tak lucu. Kebohongan itu tak disukai. Tak ada orang yang suka dibohongi. Karena dibohongi itu menyakitkan.

R10 sendiri yang memiliki kesulitan mendengar secara normal sering dibohongi. Perkataan yang dikatakan ke R10 dengan yang dikatakan ke orang lain itu beda. Akibatnya R10 memiliki traumatik untuk tidak mempercayai perkataan seseorang. 

Untuk mengetahui kebenaran, R10 harus berjuang untuk mendapatkannya dari sumber yang dapat dipercaya.







17 comments:

  1. Iya tuh, mosok mengajarkan bohong... Satu lagi cara musuh islam mengacaukan iman kita...

    ReplyDelete
  2. seru-seruan ajah kali yah,, kayak euforia valentine, tahun baru dan lain..

    kalo aku setiap april (mop) kayaknya biasa ajah deh, gada istimewa-istimewanya

    ReplyDelete
  3. harus tetap jujur ya dalam kondisi apapun. Btw Rio kalau kedaerah bekasi kedaerah mananya ya lokasinya?

    ReplyDelete
  4. Setuju April mop memang bukan ajaran budaya kita nih

    ReplyDelete
  5. April Mop?
    Sering denger, cuma ngapain juga ya?
    mendingan cari yang ga pake Mop2 deh :P

    ReplyDelete
  6. itu kan padahal budaya pagan, sama kayak Valentine dan Hallowen


    :P

    ReplyDelete
  7. April Mop sudah pasti bukan budaya islam, bahkan konon ini tradisi yang berawal dari Sepanyol, saat pembantaian umat Islam dulu. Jadi proses pembunuhan umat islam dulu dengan cara dijebak dengan permainan bohong-bohongan ini. tapi sudahlah intinya tidak islami gitu.
    cuma kalau diganti jadi Sawal Mop atau bulan hijriah lain, kira-kira jadi islami enggak ya?

    ReplyDelete
  8. Artikel yang senantiasa menjadi renungan,,

    ReplyDelete
  9. Aku dari dulu kurang ngeh, AprilMob itu tujuannya buat apa? jadi sampe sekarang nggak pernah ikut2an konyol boongin orang, cuma kadang kesel jg klo kena diboongin :(

    ReplyDelete
  10. iya, april mop emang sangat amat nggak lucu banget sekali.

    btw, aku baru tahu mas tentang hadits yang "Celakalah orang yang berkata dusta agar orang-orang tertawa!" itu, kadang niatnya becandaan dan aku sering :/

    ReplyDelete
  11. memang benar sob...wah posting yang bermanfaat....

    salam kenal sob....follow sukses..followback yaa sob..ane tunggu

    ReplyDelete
  12. aku enggak ngerayain ginian sob

    ReplyDelete
  13. april mop adalah hari berbohong sedunia (--;)

    ReplyDelete
  14. tradisi orang barat emang aneh2 ya gan

    ReplyDelete
  15. bahkan umat islam banyak yang mengikuti tradisi ini

    ReplyDelete
  16. Jujur itu memang sulit dilaksanakan..tapi kita harus tetap berupaya dan terus berbuat jujur

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.