Mar 26, 2012

Cara Install Yahoo! Messenger Di Ubuntu Linux

YM! merupakan aplikasi chatting paling sering digunakan. Masalahnya Yahoo! tidak membuatkan aplikasi YM! untuk Linux. Sedangkan menginstall YM! melalui wine tidak dianjurkan sebab berdasarkan review yang masuk YM! menggunakan wine hanya mendapat nilai "garbage" alias sampah! Karena itu alternatifnya adalah menggunakan aplikasi seperti Pidgin, Empathy, dll. Opsi lain bila anda tetap ingin menggunakan YM! adalah dengan memakai aplikasi yang tersedia di Google Web Store. Dan cara ini yang akan dibahas. 

Yahoo! Messenger - Google Web Store

Pertama anda harus menginstall browser Google Chrome (atau bisa juga Chromium). Setelah itu anda kunjungi Google Web Store di https://chrome.google.com/webstore. Lalu di Google Web Store carilah aplikasi YM! dengan keyword “Yahoo Messenger” (tanpa tanda kutip). Akan muncul berbagai aplikasi YM! mulai dari YM! versi web sampai aplikasi seperti eBuddy, Nimbuzz, IM+. Klik install. Selesai. 

IM+ Google Chrome

Adakah perbedaannya memakai aplikasi-aplikasi tersebut dengan bila menggunakan Pidgin misalnya? Jawabannya tergantung dengan kebiasaan anda seperti apa? Bila terbiasa chatting melalui versi web, tentu anda akan menyukai aplikasi-aplikasi YM! di Google Web Store.