Feb 14, 2012

Tutorial Facebook: Cara Merubah Status Relationships Tanpa Diketahui Teman

Jagad blogsphere sempat dihebohkan oleh status relationships antara blogger JT dan EL di Facebook. Insiden tersebut dikenal sebagai insiden "11 Januari 2012", ini istilah JT sendiri. Status tersebut sendiri tak sempat R10 lihat sebab konon sudah segera dihapus oleh JT dan EL. Belajar dari kejadian ini, lain kali bila ingin membuat pernyataan resmi suatu hubungan di Facebook tanpa diketahui oleh teman Facebook, maka cobalah trik berikut ini.


Cara Menyembunyikan Status Relationships/Hubungan Di Facebook

1. Design baru Facebook Timeline mungkin dapat membuat anda semakin malu, sebab foto pasangan anda akan muncul di timeline.



2. Putus/Cerai. Bila anda mengakhiri hubungan dengan pasangan anda menggunakan setting default, Facebook akan memberitahu teman-teman anda melalui "News Feed". Bila anda tidak ingin teman-teman anda mengetahui, maka cobalah cara berikut.


3. Edit/Sunting profil anda. Klik "About/Tentang" dibawah foto profil anda.


4. Edit/Sunting Basic Info/Informasi Umum.


5. Atur Privasi. Klik ikon "Globe/Bola Dunia". Pilih dari "Public/Publik" menjadi "Only Me/Hanya Saya" lalu save/simpan.


6. Relationship Box/Kotak Hubungan. Sekarang, gulir ke bawah ke kotak "Hubungan" dan tekan "Edit" icon di sebelah kanan.


7. Atur Privasi. Klik ikon "Globe/Bola Dunia" dan pilih opsi "Only Me/Hanya Saya". Kemudian rubahlah status hubungan anda, misalnya menjadi "Single". Segera setelah anda klik "Save/Simpan", status hubungan anda akan menjadi "cancelled" (istilah Facebook). Dan tidak akan ada tanda pemberitahuan notifikasi pada "News Feed" teman-teman Facebook anda.



Bagaimana Bila Sudah Terlanjur Terbaca Teman-Teman Anda?

8. Bila status hubungan anda sebelumnya telah terbaca oleh teman-teman anda, ada cara untuk menghapusnya. Yakni dengan masuk melalui "Activity Log/Log Aktivitas" (terletak di sisi kanan bawah Facebook Cover Timeline).


9. Hapus status hubungan anda yang terlanjur diterbitkan. Caranya dengan klik ikon lingkaran yang ada disebelah kanan dan pilih "Hidden from Timeline/Disembunyikan dari Kronologi".


Jadi bagaimana? Anda lebih senang status hubungan anda dilihat teman-teman Facebook anda atau anda lebih menyukai itu tetap sebagai hal yang privat/pribadi?

Untuk yang sudah terlanjur status hubungan diketahui oleh publik apakah anda merasa malu dan menyesalinya?

Referensi: Mashable