Feb 13, 2012

DoFollow Blog Tidak Bisa Diterapkan Pada Blogger Dengan Threaded Comment

Di blogsphere ada isu bila R10 menipu pengunjung blog Catatan R10 yang mengira blog ini DoFollow blog padahal bukan. Terus terang blog ini memang DoFollow blog, namun ternyata tanpa disadari selama hampir sebulan terakhir blog ini berubah menjadi nofollow tanpa sepengetahuan R10. Thanks untuk John Terro yang membuat entri "Cara Mengecek Blog DoFollow" dimana blog Catatan R10 dijadikan contoh -______________-' Isu sensitif seperti ini lain kali diberitahu kepada aku dulu lah John, untuk konfirmasi karena aku kan tidak niat membohongi publik :(


Namun kejadian ini ada hikmahnya, bersama Enny Law, R10 berhasil menemukan fakta menarik mengapa selama sekitar 1 bulan terakhir blog Catatan R10 tidak lagi DoFollow.

Membuat Blog DoFollow Di Blogger

Secara mendasar untuk membuat blog menjadi DoFollow di blogger sangat mudah. Dengan CTRL+F carilah kode ini:

<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'>

Kemudian hapus kode rel='nofollow'

Sehingga kodenya menjadi seperti berikut:

<a expr:href='data:comment.authorUrl'>


Masalah Pada Blogger Dengan Threaded Comment Bawaan Blogspot

Sekarang inilah masalah yang tak disadari R10 selama hampir sebulan terakhir (12 Januari 2012 - 6 Februari 2012), terhitung sejak R10 memakai Threaded Comment bawaan blogspot ini.


R10 sudah menghapus kode rel='nofollow' hasilnya blog tetap nofollow

R10 sudah ganti rel='nofollow' dengan rel='dofollow' sehingga kodenya menjadi <a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='dofollow'> hasilnya tetap gagal membuat blog menjadi DoFollow

Kesal dan frustasi kecurigaan R10 terletak pada sistem Threaded Comment bawaan blogger. Dan ternyata ini benar setelah R10 mematikan Threaded Comment bawaan blogger. Blog akhirnya kembali DoFollow.


R10 coba menggunakan sistem komentar Threaded Comment dari kode pihak ketiga, blog R10 juga kembali DoFollow.

Apakah Blog R10 Sekarang Dan Selanjutnya Akan DoFollow?

Rasanya untuk ke depan blog Catatan R10 tidak lagi DoFollow blog. Mengapa? Karena R10 trauma bila ada bug untuk setiap fitur baru dari blogger >,<'

Apakah R10 dan Enny Law orang pertama yang menyadari bila sistem komentar Threaded Comment bawaan blogger tidak bisa membuat blog menjadi DoFollow?

Jawabannya adalah tidak. Seorang blogger dari India, yang bernama amitbiswal ternyata lebih dahulu menyadari bug dari Blogger ini.