Jan 17, 2012

Gagak Merupakan Salah Satu Binatang Tercerdas Menurut Al Quran

Anda mungkin berpikir bila burung Gagak merupakan salah satu binatang yang licik. Sebenarnya perumpamaan licik kurang tepat, kata cerdas lebih tepat untuk digunakan. Sebab Al Quran dan sains memberi bukti bila salah satu hewan tercerdas di dunia adalah burung Gagak.


Bukti Kecerdasan Gagak Dalam Al Quran

Di dalam Al Quran anda dapat menemukan ayat yang memperlihatkan burung Gagak memberikan contoh bagaimana cara mengubur mayat manusia.

Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi. Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal. [Al Maidah: 30-31]

Bukti Kecerdasan Gagak Dalam Sains

Majalah American Scientific mempublikasikan bukti yang menunjukan bila burung Gagak lebih cerdas dari kera besar. Riset yang dilakukan oleh Bernd Heinrich dan Thomas Bugnyar - ilmuwan dari Vermont University, Kanada dan St Andrews University, Skotlandia menunjukkan, burung Gagak menggunakan logika untuk memecahkan masalah.

Berikut sejumlah kesimpulan dari hasil riset mereka:

1. Saat melakukan percobaan, burung Gagak diberi tugas yang kompleks yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Yang terjadi kemudian sangat mengejutkan, burung Gagak berhasil menemukan kreativitas dan solusi logis dari tugas-tugas tersebut pada kesempatan pertama mereka. Dengan kata lain, burung Gagak tidak melakukan tindakan percobaan trial dan error (coba-coba) terlebih dahulu, melainkan langsung tahu solusinya dan benar.

2. Percobaan lain memperlihatkan bagaimana burung Gagak dapat "memaksa" binatang lain bekerja untuk mereka. Misalnya mendapatkan makanan atau setidaknya untuk mempermudah burung Gagak.

3. Burung Gagak memiliki kemampuan adaptasi yang sangat tinggi. Misalnya dari area gurun pasir kemudian berpindah ke area pegunungan, burung Gagak dapat menemukan suatu cara, misalnya mendapatkan makanan. Dengan kemampuannya burung Gagak dapat menggunakan hewan lain untuk membantunya.

Contoh Video Yang Menunjukkan Berbagai Kecerdasan Burung Gagak

1. Video Burung Gagak Mengadu Domba Dua Kucing


2. Video Persahabatan Burung Gagak Dengan Kucing 


3. Video Burung Gagak Beradaptasi Dengan Lingkungan Perkotaan 


4. Video Burung Gagak Menggunakan Mobil Untuk Memecahkan Kacang


5. Video Burung Gagak Mengeluarkan Kacang Dari Kotak Starbucks


9 comments:

  1. hmm, saya baru tau ini.. biasanya kan burung gagak diibaratkan dgn kematian malah.. seremmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sempat berpikir begitu, ini juga tak sengaja menemukan bukti bila gagak binatang cerdas :)

      Delete
  2. yups burung gagak adalah burung yang pertama disebut dalam sejarah awal peradaban manusia,
    waktu kecil masih banyak yang tidur di pohon deket rumah, sekarang dah habis -entah dimana- :D
    nice share thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang pohon-pohonnya sudah banyak ditebang, bang :(

      Delete
    2. ya itulah efek dari tamaknya manusia yo
      makanya manusia itu disebut khalifah di bumi
      karena kalo manusia udah tamak, semua bakal abis

      Delete
  3. wah update ya rio
    sebelumnya aku mikir kera yang paling pinter
    errmmm atau juga lumba2

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga berpikir seperti itu sebelumnya, sekarang aku justru aku kagum dgn gagak sebab mereka memiliki kemampuan adaptasi yg lebih tinggi dari kera/lumba-lumba

      Delete
  4. Ada banyak image pada masyarakat kita tentang burung gagak. Namun tidak semua image itu benar karena belum di uji coba secara serius, kebanyakan hanya dari mulut ke mulut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau prihal burung gagak binatang yg pintar sudah ada kok risetnya :)

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.