Aug 8, 2011

Mengenal Ramadhan Bagi Guru Non Muslim

Islam adalah salah satu agama terbesar di dunia. Dan termasuk ajaran agama samawi yakni, agama langit, agama yang dipercaya oleh para pengikutnya dibangun berdasarkan wahyu Allah. Agama Islam memiliki dua hari raya besar yakni, Idul Adha (Hari Raya Kurban), yang berlangsung selama waktu haji, yakni rukun Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Hari raya besar berikutnya adalah Idul Fitri yang dirayakan umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Kalender Bulan (Kalender Hijriyah)

Salah satu ibadah wajib umat muslim adalah berpuasa selama bulan Ramadhan. Yakni bulan kesembilan dalam kalender Islam. Umat muslim menggunakan kalender bulan sebagai panduan dalam menjalankan waktu ibadah. Kalender ini juga disebut sebagai kalender Hijriyah karena tahun pertama kalender ini adalah tahun dimana terjadi peristiwa Hijrah Nabi Muhammad saw dari Makkah ke Madinah.

Berbeda dengan kalender Masehi, yang mana waktu/tanggal dimulai saat pukul 00.000 waktu setempat. Kalender Hijiyah tidak demikian. dalam kalender Hijriyah dimulai pada saat matahari terbenam di daerah tersebut. 1 tahun kalender Hijriyah terdiri dari 12 bulan dan 354 hari. Karena itu 1 tahun kalender Hijriyah umumnya sekitar 11 hari lebih pendek dari tahun Masehi. Sehingga bila saat ini puasa Ramadhan dimulai 1 Agustus 2011, maka untuk tahun depan diperkirakan akan dimulai pada tanggal 21 Juli 2012. Bergerak maju 11 hari lebih cepat setiap tahunnya.

Pentingnya Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang sangat penting bagi umat Islam adalah karena diyakini sebagai bulan di mana ayat-ayat pertama dari Al-Qur'an (kitab suci) yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saw (570-632 M). Muhammad sebelum menjadi nabi saat bulan Ramadhan menyukai menyendiri di gua Hira, memikirkan dan mencari hakikat kebenaran, hanya kebenaran. Kemudian di usia 40 tahun pada 17 Ramadhan (6 Agustus 611) ketika Muhammad sedang bertafakur di Gua Hira', Malaikat Jibril mendatanginya. Jibril membangkitkannya dan menyampaikan wahyu Allah di telinganya. Ia diminta membaca. Ia menjawab, "Saya tidak bisa membaca". Jibril mengulangi tiga kali meminta agar Muhammad membaca, tetapi jawabannya tetap sama. Akhirnya, Jibril berkata:

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dengan nama Tuhanmu yang Maha Pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaraan (menulis, membaca). Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (Al-Alaq 96: 1-5)

Itulah wahyu pertama dari Allah kepada nabi Muhammad saw. Setelah ini wahyu datang secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Wahyu tersebut kemudian dikumpulkan dan diberi nama Al Quran yang berarti bacaan. Al Quran terdiri dari 114 surah (surat). Dimana surah terpanjang adalah surat Al Baqarah (Sapi Betina) yang memiliki 286 ayat. Sedangkan surah terpendek adalah Al Kautsar (Nikmat Yang Berlimpah) yang memiliki 3 ayat.

Selama Ramadan, umat Islam berpuasa setiap hari dari fajar hingga matahari terbenam. Ini berarti tidak mengkonsumsi makanan dan minuman, selama siang hari. Untuk orang yang telah menikah ini termasuk tidak melakukan hubungan seksual sepanjang waktu berpuasa.

Dalam bahasa Arab puasa juga dikenal sebagai shaum. Umat Muslim bangun di pagi hari untuk melakukan sahur yakni makan dan minum sebagai bekal berpuasa. Sedang di sore harinya setelah waktu berbuka tiba, umat muslim segera mengakhiri berpuasa dengan makan dan minum. Lalu di malam harinya umat muslim melanjutkannya dengan sholat tarawih.

Kenapa Umat Muslim Berpuasa

Bagi umat Islam, puasa memiliki sejumlah manfaat:

1. Membantu seorang muslim untuk merasakan kesusahan yang dialami oleh fakir miskin yang banyak menderita kelaparan dan kekurangan. Sehingga akan timbul rasa empati untuk menolongnya.

2. Membantu seorang muslim untuk melatih kontrol diri. Melalui puasa, umat Islam belajar untuk mengendalikan hawa nafsu, tidak hanya menahan diri untuk makan dan minum tetapi juga menahan diri dari rasa marah dan perilaku tak terpuji lainnya.

3. Memberi kesempatan bagi seorang muslim untuk "membersihkan" tubuh serta jiwa mereka, dengan mengembangkan rasa rendah hati, spiritualitas dan masyarakat. Ramadhan adalah waktu yang sangat spiritual bagi umat Islam, dan mereka seringkali saling mengundang satu sama lain untuk berbuka puasa dan berdoa bersama. Umat muslim percaya bila bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan pengampunan.

Seorang muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa ramadhan saat memasuki usia baligh (pubertas), berakal sehat dan mampu melakukannya.

Idul Fitri

Setelah menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan, umat muslim merayakan Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal. Idul Fitri bermakna Hari Raya Berbuka. Yakni setelah berpuasa selama 29-30 hari di bulan Ramadhan, Allah mengijinkan kembali umat muslim untuk berbuka (tidak berpuasa). 

Pada tanggal 1 Syawal tersebut umat muslim juga melaksanakan sholat Idul Fitri, yang umumnya berlangsung di tempat yang luas seperti di tanah lapang, atau jalan raya guna menampung banyak jamaah.

Daftar Kosa Kata

Ramadhan dan Kalender Bulan (Hijriyah)

Ramadhan - bulan kesembilan dalam kalender bulan umat Islam, dimana umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam.

Shaum - berasal dari bahasa Arab yang artinya "puasa."

Sahur - sarapan pagi sebelum fajar dan memulai berpuasa.

Iftar - berbuka puasa, setelah matahari terbenam.

Tarawih - sholat sunah di malam hari pada bulan ramadhan. Waktunya selepas sholat Isya hingga menjelang sholat Subuh.

Idul Fitri - hari raya umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Orang

Muhammad - seorang nabi dan rasul. Umat Islam meyakini Nabi Muhammad saw merupakan utusan Allah yang terakhir.

Jibril - Pemimpin malaikat. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan  wahyu dan mengajarkannya kepada para nabi dan rasul.

Tempat

Arafat - salah satu lokasi ziarah yang wajib dikunjungi saat beribadah haji.

Makkah (Mekah) - kota suci umat Islam (saat ini terletak di Arab Saudi), di mana terdapat Ka'bah (rumah ibadah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim as).


Mina - tempat pelaksanaan lempar jumrah, yakni kegiatan melontarkan batu ke tugu jumrah sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Mina juga tempat dimana jamaah haji wajib tinggal selama semalam.

Muzdalifah - tempat di mana jamaah haji melakukan Mabit (bermalam) serta mengumpulkan bebatuan untuk melaksanakan ibadah jumrah di Mina.

Shofa dan Marwah - dua bukit yang terletak di dekat Ka'bah. Tempat para Muslim bolak-balik tujuh kali dalam ritual ibadah haji dan umrah.

Lain-Lain

Allah - bahasa Arab untuk Tuhan Yang Esa.

Masjid - rumah ibadah umat Islam.

Monoteisme - kepercayaan pada satu Tuhan.

Polytheisme - kepercayaan pada banyak Tuhan.

Al Quran - kitab suci umat Islam mengandung wahyu Allah kepada Muhammad.

Pertanyaan Diskusi

Setelah membaca informasi yang diberikan, pertanyaan-pertanyaan diskusi berikut dapat digunakan untuk kegiatan tertulis atau lisan.

1. Apakah bulan Ramadhan?

2. Mengapa bulan ini penting bagi umat Islam?

3. Apa artinya puasa?

4. Pada umur berapa puasa ramadhan menjadi wajib bagi umat Islam?

5. Jelaskan istilah, sahur, iftar, tarawih, idul fitri?

6. Apa manfaat puasa?

7. Bagaimana puasa dapat menimbulkan empati kepada kaum fakir miskin?

8. Bagaimana puasa membantu mengontrol diri?

9. Apa yang menandai akhir Ramadhan?

10. Jika anda berpuasa selama satu hari, hal apa yang terasa paling sulit dilakukan? Mengapa? Apakah mungkin untuk mengubah kebiasaan seseorang dengan berpuasa? (Contoh: kebiasaan makan junk food)

11. Bagaimana cara anda mengatur jadwal untuk mengakomodasi kegiatan berpuasa anda? Perlukah mengatur pola makan anda selama menjalankan puasa? (Termasuk jadwal makan sahur dan berbuka).

12. Bagaimana muslim menyelesaikan bulan Ramadhan?

13. Setelah membaca, "Sehari dalam Kehidupan Hasan," bagaimana menurutmu gaya hidup Hasan, terutama selama bulan Ramadhan?

Disarankan kegiatan siswa:

1. Wawancara seorang muslim yang berpuasa. Tanyakan padanya apa yang mereka rasakan tentang puasa dan bagaimana hal tersebut membantu kehidupan mereka.

2. Mintalah seorang wakil dari Islamic Center setempat atau Masjid  untuk berbicara tentang semangat Ramadhan, dan siswa mempersiapkan pertanyaan untuk mereka. (Guru juga dapat mengatur agar siswa turut serta dalam acara Iftar/berbuka puasa di Islamic Center atau rumah seorang muslim).

3. Saat/setelah Idul Fitri tanyakan pada seorang muslim. Jelaskan bagaimana perasaan mereka setelah berhasil menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Adakah perubahan fisik? Perubahan emosional?

4. Salah satu pelajaran penting yang dapat dipelajari selama bulan Ramadhan adalah harapan timbulnya empati terhadap mereka yang kurang mampu.

Berpura-pura anda telah berpuasa selama 1 bulan. Bagaimana reaksi anda saat melihat kejadian berikut ini, dan mengapa?

a. Seorang wanita dan anak-anak meminta uang dan makanan di sudut jalan.

b. Tunawisma di kota Anda.

c. Televisi mengambarkan anak-anak kelaparan di suatu daerah.

d. Sebuah restoran yang membuang begitu saja semua makanan yang tidak terpakai.  

Referensi: