Aug 5, 2011

Tips Di Lampu Merah Bagi Pemilik Mobil

Ada tips menarik dari Elvin Wangsa yang dimuat di harian Kompas, Kamis 4 Agustus 2011. Yakni tips bagi mobil saat di lampu merah. Inti dari tips ini adalah untuk mencegah potensi dirampok saat mobil sedang dalam keadaan berhenti.


gambar diambil dari iwansutanto.com

1. Ketika anda berhenti di lampu merah, pilihlah lajur paling tengah. Sediakan jarak kosong sekitar 2 meter dari mobil di depan anda. Ruang kosong ini akan berguna bila perampok menjalankan aksinya. Anda dapat memajukan mobil anda untuk memepet perampok yang sedang menjalankan aksinya.

2. Selain memilih lajur tengah seperti poin pertama, lebih bagus lagi bila kendaraan di sebelah kiri/kanan mobil anda adalah bus/truk. Dengan demikian perampok tidak cukup memiliki banyak ruang untuk merampok dari arah depan, dan samping kiri/kanan mobil anda.

3. Berhati-hatilah jika ada pengamen, perhatikan posisi gitarnya. Bila ujung gitarnya diarahkan dekat sekali dengan kaca mobil, maka waspadalah. Begitu anada membuka kaca, ujung gitar itu akan didorong kuat ke dalam mobil anda.

4. Juga perlu diperhatikan mata pengamen tersebut, apakah fokus atau sedang menatap liar ke dalam mobil anda. Tanda sedang mencari-cari barang berharga.

5. Jangan meletakan barang-barang berharga di tempat yang mudah terlihat. Benda-benda yang banyak diincar perampok adalah, dompet, tas dan ponsel.

6. Hindari pula membeli barang-barang di lampu merah, dan jangan menggunakan ponsel di lampu merah.