Aug 9, 2011

Saat Bulan Puasa Bagaikan Godaan Di Hari Sabat

Hari Sabat adalah saat dimana Bani Israil beribadah di hari Sabtu. Lalu apa persamaan hari Sabat dengan bulan puasa? Tak lain tidak bukan adalah GODAAN. Seperti juga yang dialami Bani Israel (terutama yang tinggal di dekat laut) di saat waktu beribadah tiba (yakni hari Sabtu) justru banyak sekali ikan-ikan yang muncul dipermukaan yang menggoda banyak warga (umat) Bani Israil untuk mengabaikan ibadah kepada Allah dan memilih untuk mengejar dunia (ikan-ikan tersebut).


Surat Al A'raf 163

163. Dan tanyakanlah kepada Bani Israil tentang negeri [1] yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu [2], di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik.

[1] Yaitu kota Eliah yang terletak di pantai laut Merah antara kota Mad-yan dan bukit Thur.

[2] Menurut aturan itu mereka tidak boleh bekerja pada hari Sabtu, karena hari Sabtu itu dikhususkan hanya untuk beribadat. 

Demikian pula dengan yang terjadi dengan umat Islam di saat bulan puasa. Di saat datang perintah Allah untuk menahan diri dari godaan hawa nafsu (seperti lapar, haus, marah, dll) di saat bersamaan banyak godaan kesenangan dunia bermunculan. 

Berikut contoh godaan yang bermunculan selama bulan Ramadhan:

1. Restoran memberikan diskon untuk makan/minum saat (hanya saat) waktu berbuka puasa. Akhirnya banyak umat memilih makan di restoran yang seringkali jauh dari masjid (mushola mungkin juga belum tentu ada) sehingga menyulitkan umat untuk sholat maghrib.

2. Serbuan aneka diskon menyerbu pasar, menggoda umat untuk berbelanja (sangat) konsumtif untuk barang yang seringkali tidak diperlukan. Dengan alasan menyambut lebaran, umat ingin semuanya serba baru, misalnya baju baru, jam baru, motor baru, mobil baru, apa saja semua musti serba baru. Lantas bila waktu dan pikirannya hanya untuk pasar kapan waktu untuk ibadahnya?

3. Makanan yang sangat melimpah di dapur, jauh lebih banyak dari bulan-bulan biasa sehingga di saat sahur/berbuka puasa waktunya dihabiskan untuk makan dan minum berlebihan.

4. Acara televisi. Di saat bulan puasa seringkali terdapat acara televisi yang berbenturan dengan waktu sholat maghrib/isya, sehingga banyak umat lebih suka memilih menonton acara tv tersebut ketimbang sholat.

5. Pekerjaan. Di bulan puasa justru malah banyak pekerjaan menumpuk sehingga harus lembur dan bisa jadi sulit mendapat waktu untuk beribadah.

Pembaca dan pengunjung blog punyakah kisah (contoh lain) entah dari pengalaman sendiri atau orang lain tentang godaan saat bulan puasa? Insya Allah akan dimasukan ke dalam daftar ini.