May 27, 2011

Cara Mengganti Template Blogger


Mengganti template blog terkadang dibutuhkan untuk memberi suasana baru agar pemilik blog tidak kehilangan mood menulis atau juga agar pengunjung tidak merasa bosan dengan tampilan blog anda. Di blogspot anda dapat mengganti template menggunakan 2 cara. Yakni mengganti template blog dengan template default blogspot atau memilih mengganti template blog dengan template blog dari pihak ketiga.
Peringatan:

Sebelum melakukan pergantian template, ada baiknya menyimpan terlebih dahulu kode HTML/Javascript yang terdapat pada template lama. Misalnya kode Google Analytics, Google Webmaster dan lain-lain. Simpan kode tersebut misalnya di notepad, gedit, atau aplikasi sejenis.

Cara Mengganti Template Blogspot Bagian Pertama

Pada bagian pertama, akan membahas cara mengganti template blogspot dengan template default blogspot. Caranya adalah dari Design - Template Designer. Tersedia 6 template dasar (Simple, Picture Windows, Awesome inc, Watermark, Ethereal dan Travel).



Pada Blogger Template Designer ini template yang anda ganti juga dapat dirubah background-nya. Tersedia banyak sekali tema background yang diberikan blogspot. Atau anda juga dapat menggunakan gambar milik sendiri. Caranya pada Blogger Template Designer pilih "Background" lalu pilih upload image. Sebaiknya menggunakan ukuran 1800 (lebar) x 1600 (tinggi) dan besaran ukuran file maksimal 300 kb.

Masih pada Blogger Template Designer anda juga dapat mengatur ukuran lebar layout template, ataupun juga ukuran lebar sidebar ("Adjust Widths"). Jumlah kolom pada template juga dapat diatur, 1, 2 ataupun 3 kolom ("Layout").

Untuk fitur "Advanced" anda dapat mengatur warna dan font yang digunakan serta mengedit CSS.

Langkah terakhir setelah melakukan pengeditan jangan lupa klik "APPLY TO BLOG" untuk menyimpan perubahan.


Cara Mengganti Template Blogspot Bagian Kedua

Pada bagian kedua akan membahas cara mengganti template blogspot dari pihak ketiga. Pertama anda cari dahulu template blogspot dari pihak ketiga melalui google. Carilah dengan keyword "Blogger Template".

Setelah menemukan template yang dicari, sebaiknya simpan file yang diberikan, karena umumnya file template yang diberikan berisi antara lain file gambar. File gambar ini gunanya adalah agar anda menggunakan hosting gambar sendiri sehingga diharapkan tidak sampai ada kejadian "bandwith limited" yang membuat tampilan template menjadi kacau.

Langkah Pertama: Sekarang pergilah ke Dashboard Blogspot lalu menuju Design - Edit HTML.

Langkah Kedua: Sebaiknya simpan dahulu template anda. Pilih "Download Full Template."

Langkah Ketiga: Upload template anda yang baru.


Langkah Keempat: Setelah upload akan ada pilihan "save widgets" atau "delete widgets" dari template lama anda. Memilih "save widgets" berarti blogspot akan mempertahankan widget dari blog lama anda.

Langkah Kelima: Simpan template baru anda. Dan lihat perubahannya (klik "view blog").

Demikianlah tutorial cara mengganti template blog.