Apr 20, 2011

Kenapa Waktu Walimatul Ursy Bersamaan Dengan Waktu Sholat?

Kenapa waktu Walimatul Ursy seringkali mengorbankan dengan waktu sholat? Bahkan sudah dimulai dari persiapan akad, dimana waktu sholat Subuh dikorbankan untuk aneka persiapan seperti berhias. Kemudian waktu walimah (pesta nikah) juga biasanya dimulai jam 11.00-13.00 atau jam 19.00-21.00 yang berbenturan dengan waktu sholat Dzuhur dan Isya (juga sholat Maghrib untuk persiapan).


Kesulitan untuk sholat tepat waktu juga dialami oleh tamu undangan. Misalnya walau acara walimah dimulai jam 11 siang tapi biasanya disertai dengan "ritual adat" saat pengantin menuju tempat pelaminan yang memakan banyak waktu.

Setelah ritual adat tersebut selesai, mulailah acara salam dan makan makan dan disinilah masalah hadir lagi. Adzan waktu sholat Dzuhur berkumandang. Disaat seperti ini tamu menghadapi dilema, sholat berjamaah (di masjid) terlebih dahulu atau memilih makan terlebih dahulu? Kedua situasi tersebut memiliki dalil-dalil hukumnya.

Dalil hukum sholat:

Siapa yang mendengar seruan (adzan untuk) shalat dan tidak ada suatu udzur pun yang menghalanginya (tetapi ia tetap tidak memenuhinya), niscaya shalat yang ia lakukan tidak diterima. Ditanya kan, ‘Apakah udzurnya itu wahai Rasulullah?… Beliau bersabda, ‘Rasa takut dan sakit’.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dalam shahihnya, Shahihul Jami’, 6176).

Dalil hukum makan:

Tidak ada shalat padahal makanan sudah terhidang” (HR. Muslim, no.560)

Sesungguhnya bentrokan dua situasi tersebut tidak akan terjadi bila waktu walimah diatur tidak bentrok dengan waktu sholat. Sehingga di hari yang istimewa kita tetap dapat mensyukuri nikmat Allah (nikah, pesta dan sholat).

Jadi ingat saat dua situasi ini terjadi, saat R10 memilih sholat terlebih dahulu, selesai sholat R10 menghadapi kenyataan bahwa kebanyakan makan sudah habis, berhubung saat berangkat belum makan, jadilah R10 makin lapar >,<'

Sementara di situasi lain R10 memutuskan untuk makan dahulu dan menunda shalat, tapi mendengar adzan R10 merasa bersalah. Kenapa hanya karena hidangan makan R10 menunda shalat?

Kapan Waktu Walimatul Ursy Yang Tepat?

Jadi kapan waktu Walimatul Ursy yang tepat? Menurut R10, sebaiknya waktu Walimatul Ursy dibagi dua saja. Hari pertama dan hari kedua. Di hari pertama adalah waktu untuk akad, pilihlah waktu yang tepat dimana tidak mengorbankan waktu sholat (termasuk juga memperhitungkan masa persiapan). Di hari kedua adalah waktu walimah (perayaan pernikahan). Kembali pilih waktu yang tidak berbenturan dengan waktu sholat.

Mengadakan Walimatul Ursy sepanjang 2 hari biayanya mahal dong? Tidak juga, kalau sudah diniatkan maka Insya Allah akan dimudahkan oleh-Nya. Apalagi biaya untuk Walimatul Ursy tidak harus dengan rupiah bukan? Gunakan saja dinar-dirham. Insya Allah bila kita menabung untuk biaya Walimatul Ursy dengan dinar-dirham maka biaya akan turun karena tidak terkena inflasi.

Jadi sekarang kembali ke individu masing-masing, apakah pantas di hari berbahagia justru kita mengabaikan Allah (dengan tidak sholat)?