Feb 10, 2015

Catatan R10 Melepas Dot Com

2 tahun lalu (Februari 2013), bila tak salah ingat Catatan R10 mulai memakai domain dot com. Selama 2 tahun ini R10 bingung akan dibawa ke mana blog ini. Satu yang pasti adalah blog ini tidak ditujukan untuk komersial.


Di tahun 2014, praktis tidak banyak postingan Catatan R10. Justru blog ini melakukan pembersihan. Postingan yang tak bermanfaat dihapus. Selama tahun 2014, R10 lebih aktif menulis di hptekno. Juga banyak memposting di WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram dan Tumblr.

Awal tahun 2015 ini, R10 mendapatkan beberapa blogger muslim yang tulisan blognya bermanfaat untuk umat Islam. Misalnya membahas motivasi untuk mempelajari Al Quran. Tulisan-tulisan mereka membuat R10 berpikir, mengapa blog ini tidak memposting tulisan dengan tujuan serupa. Blog yang postingannya bermanfaat bagi umat Islam. Yang dapat memotivasi pembaca untuk kembali kepada Allah, menjadi muslim yang lebih baik.

Blogger-blogger muslim yang tulisannya sering R10 baca tidak menggunakan domain berbayar (dot com). Kelebihan menulis di blog tanpa memakai domain berbayar adalah, blog dapat terus dibaca tanpa harus "dikejar" situasi harus membayar harga domain saat jatuh tempo. Bila lupa membayar domain, maka blog tidak bisa dibaca oleh pengunjung.

Bagi R10, domain berbayar hanya cocok untuk blog komersial. Blog personal tidak perlu menggunakan domain berbayar.

Sebenarnya R10 berpikir untuk menghapus saja blog Catatan R10 dan membuat blog baru dari awal lagi. Kalau menulis dari awal lagi tentu sayang, lebih baik melepas saja domain dot com.

Terhitung mulai tanggal 9 Februari 2015, alamat catatan-r10.com dihapus dan kembali memakai alamat catatan-r10.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.