Oct 20, 2014

Siapa Mujaddid Umat Islam Abad Ini?

Mujaddid adalah seorang pembaharu. Ada hadits terkenal yang diriwayatkan oleh Muslim, Imam Ahmad dan juga berbagai kitab-kitab hadits terkenal lainnya.



“Sesungguhnya Allah SWT mengutus bagi umat ini pada setiap pengujung 100 tahun ada seorang yang memperbarui agamanya.” (HR Abu Dawud). 

Setiap 100 tahun Allah akan mengutus seseorang yang akan membangkitkan kembali umat ini. Jadi bila dianalogikan umat sedang tertidur, maka Allah akan mengutus seseorang untuk membangunkannya. Yang akan kembali mengingatkan nilai-nilai Islam yang telah terlupakan. 

Setelah mengetahui hadits ini, apa yang terpikir oleh kalian? Siapakah Orang Yang Menjadi Mujaddid Pada Zaman Kita? Justru itu kesalahan kalian. Kalian berpikir orang lainlah yang akan menjadi Mujaddid, yang akan memperoleh derajat tertinggi.

Kenapa kalian tidak berdoa, "Ya Allah, jadikanlah diriku sebagai seorang Mujaddid yang datang setiap 100 tahun sekali." Kenapa kalian hanya mau menjadi orang biasa saja? Sedangkan kalian sebenarnya memiliki kesempatan untuk memperoleh derajat tertinggi. Seandainya kalian tidak mendapatkannya - karena hanya satu yang akan mendapatkannya - setidaknya kalian telah mencoba.

Kalian telah berusaha mendapatkan derajat tertinggi yang artinya kalian telah berusaha semampu mungkin untuk berkontribusi bagi umat. Walau akhirnya gagal menjadi Mujaddid. Setidaknya ketika kalian meninggal, kalian telah mencapai posisi yang sudah sangat tinggi.

Seperti pepatah, "Gapailah bintang meski kau hanya bisa mencapai bulan." Meskipun gagal mencapai puncak, Alhamdulillah telah banyak hal bermanfaat yang telah kalian lakukan.

Inti dari tulisan ini adalah agar kalian mempunyai visi dan misi dalam kehidupan kalian. Berani memiliki cita-cita tinggi lalu berusaha untuk menggapai cita-cita tersebut. Demi Allah tidak setiap kegagalan akan berakhir menyedihkan. Walau kalian gagal menjadi Mujaddid tapi kalian berusaha, berusaha dan berusaha maka Alhamdulillah.


No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.