Dec 31, 2013

Mengapa Di Peta Bagian Utara Terletak Diatas?

Pernahkan anda berpikir? Mengapa peta selalu menempatkan utara bagian atas? Bila kita melihat peta tahun 1154 buatan Muhammad Al Idrisi, selatan berada dibagian atas. Dan tahukah anda peta dunia cetakan Australian Stuart McArthur, tahun 1979 menempatkan selatan diatas.



Muhammad Al Idrisi bisa dikatakan sebagai penemu globe peta dunia. Peta buatannya mejadi acuan navigator laut eropa dan juga pihak militer pada jaman tersebut. Bahkan Christopher Columbus menggunakan peta Al Idrisi ketika hendak berlayar mencari "dunia baru".

Al Idrisi yang berasal dari Maroko dan kelak tinggal di pulau Sicilia, Italia menempatkan selatan dibagian atas dan utara dibagian bawah. Pembuat peta dari eropa kemudian membuat peta baru dengan rujukan peta Al Idrisi. Dan mereka menemukan fakta menarik.

Bila selatan diletakan diatas maka afrika akan berada diatas eropa. Dan karena itu mereka mulai membuat peta versi mereka dengan menempatkan utara di bagian atas. Pada buku "The Ventures of Islam" Hodgson menjelaskan hal ini dan memberikan pendapat.

"Sangat disayangkan umat muslim tidak menyadari mereka membuat peta pertama di dunia namun malah menempatkan selatan dibagian bawah. Seharusnya mereka mengembalikan selatan dibagian atas peta karena peta saat ini benar-benar merupakan pandangan yang bersifat eropa dan tidak punya landasan sejarah."

Bila anda pergi ke Australia, mungkin anda akan melihat peta dunia cetakan Australian Stuart McArthur, tahun 1979 menempatkan selatan diatas. Apa alasannya? Sederhana saja, karena orang Australia memiliki pemikiran, "Mengapa kami harus berada di paling bawah?" Karena itu mereka membaliknya. 

21 comments:

  1. wauuuu
    keren mas brooo
    ngk enak juga lihat indonesia dibawah yahh
    info yang menarik

    ReplyDelete
  2. wekekek :D
    biasa lah eropa, ga akan mau mengakui bahwa yang bikin itu Muslim :v

    ReplyDelete
  3. menarik sekali soal peta ini.. Sayangnya kita sellau menuruti kemauan orang barat.

    ReplyDelete
  4. bila memang benar demikian, seharusnya negara-negara Islam membuat peta dunia dengan menempatkan Selatan pada bahagian atas, dan bagaimana dengan Indonesia..... yg penduduknya mayoritas beragama Islam.....

    ReplyDelete
  5. wah org bwh mau di atas. Org atas ga mau di bawah.

    ReplyDelete
  6. eh beneran baru tahu kalau dulunya peta selatan di atas. rio, rikues dong, lain kali dicantumkan sumber referensi/informasinya di bawah tulisan. biar makin keren. biar tulisanmu makin kuat. :)

    ReplyDelete
  7. wah malah aku baru tahu sejarahnya bro

    ReplyDelete
  8. woooowww :o barusan tahu
    makasih ya rio

    ReplyDelete
  9. kalo yang bikin saya, indonesia akan saya buat besar gambar pulau-pulaunya.....
    wakakkaaaa......

    ReplyDelete
  10. baru tau saya ternyata oh ternyata

    ReplyDelete
  11. orang muslimkan saat ini ditindas dengan dicuri semua buku-buknya setelah itu dibakar perpustakaannya menjadi laut merah mereka tidak menyadari bahwa sejak dahulu ilmu islam mereka gunakan sehingga yang mengamalkan ajaran islam malah orang barat tetapi orang timur malah meninggalkan islam salah satu contohnya tentan kebersihan

    ReplyDelete
  12. mungkin nanti akan ada masa peta berubah posisi lagi

    ReplyDelete
  13. Diluar perdebatan itu, klalo aku dari dulu malah mikirnya mau utara atau selatan yg diatas sama aja kayanya, wong buminya muter 24 jam tanpa henti kok, lha bisa utara diatas bisa utara dibawah kan jadinya, logikaku sih gitu....

    ReplyDelete
  14. wakakak.. klo dibalik indonesia bisa diatas malay, singapore, cina, jepangsan korea bro :D

    ReplyDelete
  15. Orang Eropa maunya jadi yang paling atas, ya.. :D

    ReplyDelete
  16. seneng banget artikelnya rio yang kayak begini... eh kok tumben belum update?

    ReplyDelete
  17. Waw petanya jadi berbentuk lafaz ALLOH coba kalian liat

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.