Jun 13, 2013

Replika Dan Gambar Rumah Rasulullah Di Makkah dan Madinah

Rumah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidaklah seperti Istana, rumah beliau sungguh sederhana. Di dalam rumah Rasul terdapat ruang sholat, ruang tamu, kamar Fatimah Az-Zahra putri beliau, dan kamar Rasul sendiri.

Selain rumah Rasul di Makkah, R10 juga menemukan video perkiraan denah rumah rasul di Madinah


Gambar diatas adalah replika dari perkiraan bentuk rumah Rasul. Berikut ini adalah video dan gambar sisa reruntuhan rumah Rasul Makkah.

Kita lihat dulu videonya:


Denah rumah Rasul dan Khadijah


Reruntuhan rumah Rasul dan Khadijah

reruntuhan rumah Rasul dan Khadijah dari depan



Yang dilingkari merupakan tempat Fatimah Az-Zahra dilahirkan


Mihrab tempat Rasul shalat

Video berikut ini mengambarkan perkiraan denah rumah Rasul di Madinah, juga terdapat di video ini perkiraan gambaran Madinah dan Masjid Nabawi di era Rasul (rumah Rasul "menyatu" atau bersebelahan dengan masjid Nabawi).


Sumber: Dari berbagai sumber

8 comments:

  1. Terima kasih Mas Ario atas sharenya, kita sebagai umat Islam harus bangga, sejak zaman rasulullah dan sebelumnya pun, dalam membangun rumah juga diperhatikan terlebih dulu tata letak dan denahnya.

    ReplyDelete
  2. Di dalam rumah yang tampak sederhana itu terdapat pribadi yang sangat luar biasa.

    ReplyDelete
  3. aku sudah pernah liat yo di status FB seorang ustadz

    ReplyDelete
  4. rumah rosulullah itu kan yang sekarang jadi tempat makam beliau, yang bagian dari masjid nabawi

    ReplyDelete
  5. subhanallah...
    jauh dari kesan mewah dan megah namun disitulah hamba yg Allah sangat mencintainya menghabiskan umurnya...
    apakah ulama dan ustadz zaman sekarang meneladani kesederhanaan hiodup beliau.....

    “kepala Negara merangkap Penghulu Agama. Beliau adalah seorang Kaisar dan juga Paus sekaligus. Tetapi beliau adalah Paus yang tidak berlaga Paus dan Kaisar tanpa pasukan-pasukan megah, tanpa bala tentara tetap, tanpa pengawal, tanpa istana yang megah, tanpa pungutan pajak tetap dan tertentu. Sehingga jika ada orang berhak mengatakan bahwa ia memerintah dengan hak ketuhanan, maka orang itu hanyalah Muhammad, sebab beliau mempunyai kekuasaan tanpa alat-alat kekuasaan dan tanpa bantuan kekuasaan. Beliau biasa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan tangan beliau sendiri, biasa tidur di atas sehelai tikar kulit dan makanan beliau terdiri dari kurma dan air putih atau roti jewawut dan setelah melakukan bermacam-macam tugas sehari penuh, belai biasa melewatkan malam hari dengan mendirikan shalat dan doa-doa hingga kedua belah kaki beiau bengkak-bengkak. Tiada orang yang dalam keadaan dan suasana yang begitu banyak berubah, telah berubah begitu sedikitnya.” (Muhammad and Muhammadanism-karya Bosworth Smith).

    ReplyDelete
  6. bergetar rasanya.. Subhanallah.. :')

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.