Apr 29, 2013

Inilah Gaji PNS Tahun 2013


Gaji PNS kembali dinaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 22 tahun 2013 tentang pengubahan kelima belas atas PP nomor 7 tahun 1977 tentang peraturan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). PP nomor 22 tahun 2013 ini ditandatangani pada  April 2013.


Gaji paling tinggi adalah golongan IVe sebesar 5 juta sedang gaji terendah untuk golongan Ia sebesar Rp 1,3 juta. 

Golongan Ia 

Masa Kerja Golongan/MKG 0 (terendah) Rp 1.323.000
Masa Kerja Golongan/MKG 26 (tertinggi) Rp 1.979.900

Golongan Ib

Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.444.800
Masa Kerja Golongan/MKG 27 (tertinggi) Rp 2.096.100

Golongan Ic

Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.505.900
Masa Kerja Golongan/MKG 27 (tertinggi) Rp 2.184.800

Golongan Id

Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.569.600
Masa Kerja Golongan/MKG 27 (tertinggi) Rp 2.277.200

Golongan IIa

Masa Kerja Golongan/MKG 0 (terendah) Rp 1.714.100
Masa Kerja Golongan/MKG 33 (tertinggi) Rp 2.859.500

Golongan IIb

Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.871.900
Masa Kerja Golongan/MKG 33 (tertinggi) Rp 2.980.500

Golongan IIc

Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 1.951.100
Masa Kerja Golongan/MKG 33 (tertinggi) Rp 3.106.000

Golongan IId

Masa Kerja Golongan/MKG 3 (terendah) Rp 2.033.600
Masa Kerja Golongan/MKG 33 (tertinggi) Rp 3.238.000

Golongan IIIa

Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 3.590.900

Golongan IIIb

Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 3.742.800

Golongan IIIc 

Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 3.901.100

Golongan IVd

Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 4.066.100

Golongan IVa

Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 4.238.000

Golongan IVb

Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 4.417.400

Golongan IVc

Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 4.604.200

Golongan IVd 

Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Ro 4.799.000

Golongan IVe

Masa Kerja Golongan/MKG 32 (tertinggi) Rp 5.002.000

Harga-Harga Barang Pokok Naik

Biasanya setiap pengumuman gaji PNS akan dikuti oleh kenaikan harga barang-barang pokok. Kenapa Negara ini terbukti tak mampu mengendalikan inflasi? Seandainya PNS digaji dengan dinar/dirham, seandainya mata uang negara ini memakai dinar/dirham.

via Detik

17 comments:

  1. tunjangannya dong :P
    gaji pokok emang kecil
    kayak ga tahu aja LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunjangan saya cuma 500k perbulan loh pak.. gak gede mah kalau pns di kab/kota. ;)

      Delete
  2. ada penjelasannya ga Yo, golongan a sampe e itu definisinya berdasarkan apa? pangkat, titel atau?

    ReplyDelete
  3. gaji pns naik tp BBM juga malah ngikut naik diimbangi dengan harga-harga pokok lainnya,,,

    setuju,,, dinar/dirham dan itu artinya negara harus diataur berdasarkan hukum Allah...

    ReplyDelete
  4. wuahh lama tak kunjung di lapak r10 :). tau2 bahas gaji PNS aja nih :D. yah semoga kabar baik ini bukanlah isapan jempol belaka (as usual). hihi

    eh, apa kabar?

    ReplyDelete
  5. wah, ternyata gaji guru itu beragam ya.... hehehehehe

    ReplyDelete
  6. enak juga ya jadi PNS, tapi saya ga mau

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Kecil kan mbak.. gak mampu ah kami beli rumah kalau gak ngutang sampe 15 tahun >_<

      Delete
  8. Alhamdulillah bertambah...Istri tahu bisa minta tambah uang dapur ini sahabat hehehe

    ReplyDelete
  9. Sedihnya itu kalau setiap naek pasti harga barang udah duluan naek. padahal utk aku gol IIIa masa kerja dua tahun cuma naek 100k tapi sembako jauh drpada itu naeknya..

    Orang pada ngelihat banyak korupsinya aja. padahal kalau dikota kecil kayak aku mah PNS gak ada apa apanya dibanding dgn pegawai bank misalnya.. >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang nasib niee :D ... kenaikan gaji tidak pernah mengembirakan bagi wong cilik ... beda sama anggota DPR dan Dirut misalnya ...

      Delete
  10. kalo presiden, bukan termasuk PNS ya??

    ReplyDelete
  11. mas antok, ekonom islam, Syafii Antonio dari zaman dahulu kala sudah menyarankan untuk menggunakan dinar dan kita itung-itung mempererat ukhuwah Islamiyah kita dengan negara ISlam lainnya, namun karena ada unsur ego dan juga "permainan ala yahudi" para pemimpin ASEAN tidak pernah mencapai kesepakatan. sayang sekali, mereka yang egois, kita yang merana ...

    ReplyDelete
  12. ya lumayan lah..untuk ukuran kehidupan di kota kecil.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.