Feb 2, 2013

Nokia Lumia 920 Review: Ponsel Pebisnis Tanpa BBM

Nokia Lumia 920 adalah smartphone dengan platform Windows Phone 8. Di beberapa negara Eropa seperti Italia, Perancis dan Jerman penjualan Lumia 920 laku keras. Bisa dikatakan Nokia Lumia 920 ini menyasar target pebisnis karena memilki fitur aplikasi Microsoft Office. Dari beberapa aplikasi office untuk smartphone, aplikasi Office dari Microsoft terlihat paling mudah dan nyaman digunakan. Yang kurang dari Windows Phone 8 (sebagai ponsel bisnis) hanyalah tiadanya fitur BBM (BlackBerry Messenger).



Kelebihan Nokia Lumia 920

Hardware:

Spesifikasi hardware Nokia bagus karena telah menggunakan teknologi baru pada saat diumumkan. 1.5GHz dual-core Krait CPU, Adreno 225 GPU, Qualcomm MSM8960 chipset, 1GB of RAM. Dengan speks seperti ini tidak ada lagi lag.

Konektivitasnya juga telah mendukung 4G atau LTE. Saat teknologi ini tiba di Indonesia, maka anda sudah siap (tak perlu membeli ponsel 4G lagi).

Body:

Yang pertama paling terasa adalah desainnya unibody yang artinya body ponsel menyatu dengan casing. Dengan bahan polycarbonate, Lumia 920 menjadi tahan banting dan anti gores.

Layar:

Lumia 920 memiliki layar IPS dengan resolusi 1280×768 sebesar 4.5″ 16 juta warna. Layarnya juga memiliki frame rate 60fps yang membuat pergerakan di layar terlihat mulus tanpa lag.

Layar Lumia 920 memakai LCD super sensitif, bayangkan anda bisa tetap menggunakan Lumia 920 walau sedang memakai sarung tangan. Layarnya juga dapat disentuh dengan kunci, pensil, kuku, pulpen, kain. Tak hanya itu, layar Lumia 920 tetap dapat dibaca dengan baik dibawah sinar matahari.

Kamera:

Kamera Nokia Lumia 920 sangat bagus. Ada teknologi Smart Shoot. Dengan teknologi ini maka bila teman anda berkedip saat difoto, anda bisa memundurkan waktu saat teman anda tak berkedip. Lalu anda bisa menyimpannya.

Hasil foto Lumia 920 di tempat minim cahaya telah diakui

Teknologi PureView pada kamera membuat hasil kamera sangat bagus terlebih saat memotret di tempat kurang cahaya.




Optical Image Stabilisation. Teknologi OIS akan membantu mengurangi getaran saat memotret atau juga saat merekam video.

Teknologi Charge Baterai Tanpa Kabel/Wireless Charging


Nokia Lumia 920 memiliki teknologi baru yakni Wireless Charging yang bisa mengisi baterai Anda tanpa perlu mencolok kabel lagi. Trend di masa depan adalah anda dapat mengisi ulang baterai di tempat umum seperti cafe, hotel, bandara dll. Simak video Wireless Charging dari Nokia Lumia 920.

NFC

NFC, Near Field Communication. Dengan teknologi ini anda dapat melakukan transfer antar perangkat dengan cepat dan mudah. Cara kerjanya mirip bluetooth. Kalau anda pernah menggunakan kartu Flazz, seperti itulah cara kerjanya.

Office



Lumia 920 sudah dibekali aplikasi Microsoft Office yang telah dioptimalkan untuk smartphone. Anda membuat dan mengedit pekerjaan office anda dengan mudah. Menurut R10 inilah aplikasi office terbaik di smartphone/tablet.

Peta


Salah satu fitur terbaik dari Lumia 920 adalah peta. Di Indonesia Nokia Maps lebih bagus dari Google Maps karena Nokia telah menyediakan fitur download peta offline. Ini sangat membantu sehingga kita tak perlu memakai layanan internet untuk membuka peta.

Kekurangan Nokia Lumia 920

Tak Dapat Lepas Baterai

Karena body menyatu dengan casing maka berimbas baterai tak bisa dilepas. FYI melepas baterai adalah salah satu trik sederhana bila ponsel kita mengalami hang.

Tanpa Memory Eksternal

Nokia Lumia 920 hanya menyediakan memory internal 32GB tanpa slot microSD. Sehingga "kelebihan memory" musti anda transfer ke perangkat lain seperti PC atau layanan awan semacam SkyDrive.

Perangkat Wireless Charging musti dibeli terpisah

Sayangnya salah satu fitur andalan Lumia 920 ini tidak turut disertakan dalam paket penjualan. Anda harus membeli terpisah.

LTE Belum Masuk Indonesia

Lumia 920 memiliki teknologi 4G. Sayangnya teknologi ini belum ada di Indonesia. Kapan teknologi ini tiba? Yang pasti teknologi 3G yang kita pakai saat ini saja masih dalam proses tender lelang. Belum diketahui siapa provider mana yang berhasil mendapatkan lisensi 3G.

MicroSim

Bila ini adalah suatu kekurangan, maka SIM anda harus memotong kartu SIM anda menjadi microSIM. Bila tak bisa memotong sendiri kartu SIM, datang saja langsung ke kantor provider yang anda pakai.

Kesimpulan:

Kesan R10 Nokia Lumia 920 adalah ponsel bisnis terbaik. Karena itu saat R10 mencoba langsung Lumia 920 di Global Teleshop Pondok Indah Mall, yang pertama dicoba adalah aplikasi officenya. Mencoba membuat dan mengedit office terasa mudah. Berbeda saat memakai aplikasi office di Android.

Fitur peta offline juga sangat bagus. Saat membuka peta berjalan lancar tanpa lag. R10 mencari jalan dari Jakarta ke Sawarna via Serang, lokasi petanya terbaca jelas dan detil. Sangat membantu buat pebisnis traveler.

Harga Nokia Lumia 920 adalah Rp 6.499.000. Bila anda mencari seri Lumia Windows Phone 8 dengan harga yang lebih murah maka tunggulah Nokia merilis seri Lumia 620 yang mana kemungkinan akan dijual dengan rentang harga Rp 2,5 juta - Rp 3,5 juta.

Spesifikasi Lengkap: http://www.nokia.com/id-id/produk/ponsel/lumia920/spesifikasi/



31 comments:

  1. Rasanya ingin memiliki Nokia Lumia 920 tapi belum sesuai dengan kebutuhan Saya, Dua smartphone termasuk tablet yang Saya meiliki semuanya berbasis Android, di Android bisa pakai terminal buat mengontrol server yang saya kelola.

    Tapi kembali ke selera masing-masing pengguna :)

    ReplyDelete
  2. waaoow,, O.O saya berminat memiliki, tapi sayang harganya belum sesuai dengan dompet saya.. (--;)

    ReplyDelete
  3. Lumia memang oke punya, namun Nokia harus bersaing keras dengan android dan iphone untuk bisa tetap bertahan dalam bisnis handphone :)

    ReplyDelete
  4. Saya belum ada waktu yang tempat untuk membeli produk yang tepat.Tapi trims Mas untuk review produk ini :)

    ReplyDelete
  5. menurut saya, tanpa kehadiran fitur BBm bukan masalah yang serius. pengalaman selama ini kalau untuk bisnis yang "serius" dalam artian "corporate" percakapan bisnis melalui email sih. pemakaian bbm hanya sekedar mengejar gengsi karena rekaan bisnis juga memakainya. mungkin kelemahan yang paling terasa adalah ketidakmampuan melepas batrenya itu....

    ReplyDelete
  6. udah pernah baca sih ttg lumia. Lumia 920 vs BB Z10 vs iPhone 5 vs Samsung Galaxy S III di detikcom. pengen punya salah satu diantara 4 itu :3

    ReplyDelete
  7. secara pribadi, si Lumia ini belum belum perlu untuk segera aku miliki. :)
    terutama karena masalah harganya....

    ReplyDelete
  8. keren bro...
    tapi harganya tuh yang lebih keren lagi
    hiks..

    ReplyDelete
  9. lebih suka buatan Motorola dari dulu, apalagi sekarang udah joint sama Google, jadi kalau main keren-kerenan spek & segala macem, pasti menang Google :)

    ReplyDelete
  10. Wahh,,,paling cakep nih fitur fotonya,..
    Dan harganya pun sangat ajibb,..

    ReplyDelete
  11. Visit + Komentar Balik :)

    http://cisaga-cyber.blogspot.com/2013/01/BocahBlogsBerbagiTutorialBlogsdanInfoMenarik.html

    ReplyDelete
  12. hahh???
    6jutaa?? itu uang atau daun?
    hehe
    masih cinta samsung deh..(*.*)

    ReplyDelete
  13. sebenernya udah ngiler pengen punya salah satu Lumia series. btw yang 920 ini kameranya berapa Mp mas ? FYI, setau aku kalo gadget yang batre nya ngga bisa dilepas kaya Iphone dan Lumia 920 ini berarti gadget ini mungkin sudah di set anti hang. hahahahaha.. Dan aku pikir dengan memory internal 32 GB, emang udah gak perlu lagi memory tambahan karena 32 GB aku pikir udah gede banget kok...

    ReplyDelete
  14. teknologi Wireless Charging nya yang aku suka nih..

    ReplyDelete
  15. wah memang keren produk dari nokia yang satu ini, sayang masih terlau mahal harganya

    ReplyDelete
  16. harganya itu loh,, cocok banget ama judulnya, memang buat kantong pebisnis

    ReplyDelete
  17. Nokia harus bekerja keras mengalahkan iphone + samsung android. Tapi kualitas nokia mmg mantap harus nya.

    Perna pegang nich lumia, enak banget di pegang nya mantap

    ReplyDelete
  18. kemahalan harganyaa
    hape doang 6juta :P

    ReplyDelete
  19. model ngecharge itu yang keren menurut aku, soalnya suka susah pake HP pas ngisi baterai karena terhalang sama kabel

    ReplyDelete
  20. kereeen pooollll!!!!

    kepingin fitur kameranya yang canggih itu
    tetep terang di saat gelap
    halah

    ReplyDelete
  21. Saya pribadi pngguna lumia 920. Bagi saya yang suka utak atik smartphone,merasa L920 bnyak kekuranganny. Browser yg tidak dukung flash,tidak ad file manager,applikasi super miskin,boros batrai,tdk dukung videocall 3G,berat n tebal n belakangan sering frozen sndiri(bnyak user mngalaminy),dll. Hargany jg trmasuk mahal. Bukan maksud menjatuhkan tp cm sdikit review buat agan sklian yg minat am ini hh biar ga nyesal d kmudian hr. Skian n terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ferryawan chandra"penipu loe,ga pernah pake lumia jgn ngaku2..kata2 lo diatas hanya orang goblok yg percaya..kalo mw boong yg cerdas dong....

      Delete
    2. gw pake lumia jg, tp enjoy aja, bahkan enak makenya.., kebanyakan komentar kekurangan dari lumia di lebay2kan..,
      Tiap smartphone pasti ada kekurangan, ga andro, ga iphone..,
      Tapi bagi gw lumia kereeeeeen oey..

      Delete
    3. pkai smartphone blm tntu userny smart.( kelihatan dr bahasa anda).
      sayang negara yg demokrasi ini tp msh ad aja manusia yg tdk demokratis( hak menyatakan pendapat). yg sy utarakan d atas adalah pngalamn pribadi dngan l920 sy tnpa membandingan os lain. bisa jg anda sebut sy penipu dngan blng sy ga pkai lumia. dont be funboy, but be smartboy!

      Delete
    4. Btl-btl....saya pki lumia 920 dan membandingkan dg android samsung note 2,aplikasi office msh jauh bagus kingoffice dan polaris,pun di sosial networkingnya spt wechat,kakaotalk,tp klu facebook kayaknya bgs di lumia tampilanya,dilumia 920 ini cuma cameranya yg diunggulkan,maaf ini pengalaman pribadi,karena saya memakai kedua hp tsb

      Delete
  22. ane udah beli, ajib banget broo..!

    ReplyDelete
  23. Ane jg pake nokia lumia 920
    memang ajib fiturnya
    ane gak nyesel beli
    pokok nya keren bgt

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.