Jun 24, 2012

Pemakamam Muslim dan Islami Di Indonesia

Setelah membahas berbagai kuburan para pesohor dunia hingga makam sahabat rasul. Timbul pertanyaan apakah pemakaman muslim di Indonesia sudah islami? Jawabannya ada, salah satunya yang R10 ketahui adalah Al-Azhar Memorial Garden yang terletak di Tol Jakarta Cikampek (KM 52 Rest Area). Al-Azhar Memorial Garden mengklaim anda hanya perlu membayar biaya pemeliharaan sekali saja. Lalu berapa harga pembelian tanah makam untuk tipe single di zona Sahaliah? Cukup Rp 21.903.705 saja :D


Tipe Single di AMG harganya hampir 22 juta loh :D

Salah satu masalah yang dimiliki pemakamam umum di Indonesia adalah biaya pemeliharaan yang harus dibayar per bulan dan biaya perpanjangan yang merepotkan anak-cucu. Maka jangan heran bila mendapati kabar umat kesulitan membayar biaya perpanjangan lahan kubur. Di TPU Tunggulhitam Padang, ada sekitar 2.000 makam yang menunggak bayar perpanjangan sewa makam (Berita dari Padang Express)

Masalah makam seringkali luput dari perhatian umat. Pengurus masjid misalnya seringkali lebih tertarik menghias masjid. Mengapa kelebihan dana umat tidak untuk membuat makam islami yang murah dan terjangkau. Alhamdulillah bila bisa gratis.

Catatan:

Ingin tahu lebih banyak tentang Al-Azhar Memorial Garden? Silahkan Googling. Dari yang R10 baca, harga cenderung akan naik.


12 comments:

  1. sekarang itu mau kuburan bagus ataupun jelek ditetap aja dijadikan lahan bisnis untuk mengeruk uang,dunia memang terkadang luas tp begitu sempit untuk orang yang haus akan harta

    ReplyDelete
    Replies
    1. agama kalau dibisniskan sungguh keterlaluan, seharusnya makam itu gratis atau setidaknya murah (tidak memberatkan umat)

      Delete
  2. orangnya udah mati tapi masih punya utang pemeliharaan, kesian ya..? hidup udah susah, mati pun susah..

    yg mas Rio bilang bener, kenapa selalu saja mengumpulkan uang untuk menghias masjid, kenapa ga bikin pemakaman islami yang murah bagi umat.. semoga saja ada pelopornya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah begitulah...kelebihan dana umat seharusnya untuk kebaikan umat kan, mulai dari masalah pendidikan hingga layanan pemakaman

      Delete
  3. ohhh... indonesia dimana2 dijadikan ladang bisnis *smile

    ReplyDelete
  4. nggak islami sama sekali. yang islami itu di kampung, gratis dan kalo penuh bisa ditumpuk.

    ReplyDelete
  5. keren banget nh, mau pesen juga tapi..mahal yah hehe gajadi deh

    ReplyDelete
  6. kebiasaan orang indonesia, bukan cuma muslimnya, hanya bisa mengkritik tanpa solusi. Yang pernah ke TPU di Jakarta pasti paham ribet dan gaharnya preman2 parkir sampai tukang kebersihan dan "juru doa" yang "setengah memaksa" para peziarah. Mungkin yang relatif aman dan nyaman buat peziarah hanya di Taman Makam Pahlawan.
    Jadi alternatifnya hanya 2: bikin TP komersil seperti Al-Azhar atau San Diego Hills, atau makamkan di kampung/desa.

    ReplyDelete
  7. wah ladang bisnis aja kayak di san diego hils

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.