14 Jun 2012

Muhammad Dalam Peribahasa Bahasa Inggris - Menurut Anda?

Saat menonton episode terakhir Suits season pertama, tokoh Harvey memberikan perumpamaan situasi yang dihadapinya dengan peribahasa "If Mohammad won’t come to the mountain, we need to bring the mountain to Mohammad". Sebelumnya R10 juga pernah melihat film dimana karakternya  mengucapkan peribahasa tersebut. Apakah "Muhammad" dalam peribahasa ini merujuk ke nabi Muhammad saw yang menjelang kerasulannya mendatangi gua Hira untuk menepi (itikaf)? Yuk cari tahu.


Berikut quotes dari episode Suits terakhir yang berjudul Dogfight. Ceritanya tokoh Harvey saat menjadi jaksa di kala muda salah menjebloskan tersangka ke penjara. Sekarang saat telah menjadi pengacara mapan ia menyadari kekeliruannya, kemudian bertekad untuk membebaskan tersangka tersebut dari penjara dan memenjarakan tersangka asli yang selama ini bebas.

Harvey: It’s time to start painting outside the lines.
Mike: How?
Harvey: If Mohammad won’t come to the mountain, we need to bring the mountain to Mohammad.
Mike: Really? The mountain to Mohammad?
Harvey: It’s a thing.
Mike: Yeah, I know. It just has no meaning to me in this situation
Harvey: You said you can think like me. Figure it out.
Mike: OK. Yeah. I got it.
Harvey: What is it?
Mike: You tell me. I’ll confirm.
Harvey: Nice try.
Mike: Damn it!

Dari screen di film Suits akhirnya diketahui maksud If Mohammad won’t come to the mountain, we need to bring the mountain to Mohammad (Bila Muhammad tidak mendatangi gunung, kita perlu membawakan gunung ke Muhammad) adalah bila tersangka (asli) tidak mau mengaku, maka kita paksa tersangka tersebut untuk mengaku.

Arti Peribahasa Menurut Free Dictionary

"Something that you say which means that if someone will not come to you, you have to go to them" Maksudnya "Sesuatu yang anda katakan yang artinya, bahwa jika seseorang tidak akan datang kepada Anda, Anda harus pergi kepada mereka."

Awal Mula Peribahasa If Mohammad Won’t Come To The Mountain, We Need To Bring The Mountain To Mohammad

Berdasarkan Wiktionary diketahui bila peribahasa merupakan kutipan esai Franchis Bacon (Bab 12) yang diterbitkan pada tahun 1625. Berikut kutipan aslinya:

"Mahomet made the people believe that he would call a hill to him, and from the top of it offer up his prayers, for the observers of his law. The people assembled; Mahomet called the hill to come to him, again and again; and when the hill stood still, he was never a whit abashed, but said, If the hill will not come to Mahomet, Mahomet will go to the hill."

Dan ternyata memang benar peribahasa ini merujuk kepada nabi Muhammad saw. Bagaimana pendapat anda tentang hal ini (nabi Muhammad dimasukan ke dalam peribahasa)?