May 24, 2012

Penemuan Buku SD Bergambar Nabi Muhammad

Mirza (10 tahun) siswa kelas empat MI (Madrasah Ibtidaiyah) Al Islam Jamsaren, Solo, meminjam buku 'Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi' dari perpustakaan sekolah. Saat membacanya ia menemukan pada bagian kisah nabi Muhammad saw terdapat gambar wajah dan kaki Rasulullah saw. Mirza pun protes kepada ayahnya, Muchus dan mengatakan seharusnya tidak ada gambar fisik nabi Muhammad saw.


Sang ayah lalu melapor kepada Kantor kementerian Agama Kota Solo. Petugas Kementerian Agama Solo lalu mengkonfirmasi penemuan ini kepada Kepala MI Al Islam, Drs Nuril Huda. Drs Nuril Huda ternyata juga terkejut. Dirinya mengaku setelah menerima bantuan buku dari Kementerian Agama, buku tersebut belum sempat dibaca kembali.

Kantor Kementerian Agama Solo, Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jateng, Kementerian Agama RI, Kejaksaan Negeri Kota Solo lalu meminta sampel buku tersebut. Kementerian Agama kemudian memutuskan menarik buku 'Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi' dari peredaran.

"Prinsipnya itu bukan produk Kementerian Agama. Itu bukan buku Kemenag yang didistribusikan ke Sekolah dan Madrasah. Kita akan melakukan pengusutan sekaligus menariknya dari peredaran," tegas Menteri Agama Suryadharma Ali, Rabu (23/5).

Kementerian Agama tidak sembarangan dalam menetapkan suatu buku beredar. Sehingga lolosnya buku 'Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi' tentu ada apa-apanya. Apakah ada motif terselubung dibalik beredarnya buku ini?

'Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi' yang disusun oleh N Khasanah RA, terbitkan Nobel Edumedia tahun 2010. Penerbit tersebut beralamat di Jl Rawagelam III No 4, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta.