Apr 5, 2012

Perkiraan Cara Ibadah Umat Terdahulu Sebelum Islam

Cara ibadah umat terdahulu
Selama ini R10 seringkali berpikir bagaimana sih kiranya tata cara ibadah umat terdahulu sebelum Islam. Aku yakin banyak umat muslim juga berpikir demikian. Berikut ini ada gambaran tentang cara beribadah umat terdahulu dari Diktat XII C.A.M.P. mengenai bagaimana mengabarkan Islam kepada non-Muslim.


BAGAIMANA UMMAT TERDAHULU MENYEMBAH TUHANNYA..?

- Ummat Terdahulu Sujud menurut Taurat:

 “Lalu berlututlah orang itu dan bersujud menyembah TUHAN”. (Kitab Kejadian 24: 26)

- Injil Kanonik yang digunakan Kristen saat ini juga bersaksi bahwa Yesus pun bersujud:

“Maka ia (Yesus) maju sedikit, lalu sujud dan berdo’a…”. (Injil Matius 26: 39)

- Nabi Israel yang bernama Samuel, bersujud kepada TUHAN:

“Sesudah itu kembalilah Samuel mengikuti Saul. Dan Saul sujud menyembah kepada TUHAN”. (Kitab I Samuel 15: 31)

- Nabi Daud bersujud: “Lalu Daud bangun dari lantai, ia mandi dan berurap dan bertukar pakaian; ia masuk ke dalam rumah TUHAN lalu sujud menyembah”. (Kitab II Samuel 12: 20)

- Umat Terdahulu sujud dengan wajah sampai ke tanah: “Kemudian mereka berlutut dan sujud menyembah kepada TUHAN dengan muka sampai ke tanah”. (Kitab Nehemia 8: 6-7)

YAHUDI

Tidak ada sujud lagi di dalam ajaran Yahudi, kebanyakan mereka berdiri dan duduk dalam mendaras Talmud. Talmud yang terdiri dari Tarsish dan Gemara lebih dipentingkan daripada Taurat Pentateuch. 

KRISTEN

Ibadah dalam agama Kristen kebanyakan dilakukan dengan berlutut, tanpa sujud. Hal tersebut dapat dilihat dalam Kisah Para Rasul 9: 40; 20: 36; 21: 5, semua ajaran Paulus adalah berlutut.

ISLAM

Sujud di dalam Islam, dibahas tidak kurang dari 28 tempat di dalam Al-Qur'an. Dengan demikian hanya Islam yang benar-benar melaksanakan perintah ALLAH, sebagai kelanjutan ajaran-ajaran nabi-nabi terdahulu.

(Saduran Diktat XII C.A.M.P. mengenai bagaimana mengabarkan Islam kepada non-Muslim.)

*gambar dari: museum Lilin Amerika 

21 comments:

  1. kalau iwan baca dari postingan ini, islam malah merangkum semuanya, ada berdiri, sujud dan berlutut..atau saya yang salah persepsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam islam ada berdiri, sujud dan ruku

      Delete
    2. adapun mirip berlutut yaitu duduk diantara dua sujud saat shalat.
      oia foto itu menarik, kalau yang sujud bangun untuk duduk diantara 2 sujud , semuanya jatuh kecuali yg sujud itu :P

      Delete
    3. Ditta,,,,y pinter,hehe

      Delete
  2. Soalnya memang Islam agama yang paling sempurna ya..

    Apalagi kitab2 asli dari agama lain kan sudah nggak ada ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, Islam agama yang masih murni kitab sucinya

      Delete
  3. dari yang aku pernah baca sih semua agama mengajarkan sujud dan menyembah Tuhan yang satu, tapi kemudian ada perubahan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, krn ada manusia mengkultuskan orang sholeh pada jaman nabi Nuh as, sejak itu mulailah manusia "nakal dan melampui batas"

      Delete
  4. Informasi yang menarik untuk dibaca dan disimak.

    ReplyDelete
  5. Jadi dapat info.. Makasih udah share :)

    ReplyDelete
  6. tambah wawasan lagi di blog ini, sukses terus sob :))

    ReplyDelete
  7. itu kan versi kitab yang beredar sekarang... kalo kita bisa blik ke jaman dulu, pasti menarik sekali kalo bisa membaca kitab Taurat dan Injil asli yang belum dirubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak, akan sangat menarik untuk mengetahui kitab injil/taurat yg asli

      Delete
  8. Wah saya baru tau soal cara cara umat terdahulu dalam beribadah gan... tapi jujur itu fotonya kok bikin emosi ya... walaupun cuma wax tapi knapa ditumpuk2 gt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. maklum yg bikin patung lilinnya non muslim, jadilah (maaf) posisinya memprovokasi

      Delete
  9. emang setiap agama beda-beda cara nyembahnya tp ada salah satu gerakannya sama

    ReplyDelete
  10. kalo di perhatiin yah, kalo kita tarik garis horisontal dari yahudi sampai ke islam, itu nunjukin fase fase masa pergantian agama, fikirkan dari segi agama, mulai dari agama yang tua ke agama yang terakhir yang di terima oleh ALLAH SWT.

    sependapat ngga

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.