8 Apr 2012

Jangan Takut Untuk Menggunakan Custom Domain Sendiri [FAQ Untuk Blogspot]

Logo Blogger
Banyak blogger tidak berani menggunakan custom domain sendiri, alasannya banyak, mulai dari takut kehilangan pagerank dan Alexa hingga takut kehilangan trafik pengunjung. Ada juga yang beralasan karena malas membeli domain sendiri karena harus membayar. Awalnya R10 juga berpikir demikian, namun akhirnya setelah membaca berbagai referensi akhirnya aku berani menggunakan domain sendiri dan jadilah http://www.catatan-r10.blogspot.com berubah menjadi http://www.catatan-r10.com pada 5 Maret 2012.

Berikut ini berbagai pertanyaan (FAQ) seputar custom domain yang menjadi referensi R10 sebelum akhirnya berani membeli domain sendiri.   

1. Apakah saya akan kehilangan follower dari Google Friend Connect saat berpindah ke custom domain?

Tidak. Follower Catatan R10 tidak berubah kembali dari 0 tetapi tetap melanjutkan jumlah follower yang ada.

2. Adakah batasan limit bandwith atau pengunjung blog, dll?

Tidak. Anda menggunakan custom domain tetapi hosting anda tetap di blogspot. Anda dapat melihat besar kapasitas Blogspot di entri ini.

3. Apakah feed blog saya akan otomatis di-redirect?

Benar. Bila anda menggunakan feed default dari blogspot, maka feed anda akan otomatis redirect ke feed custom domain anda.

Oh iya bila, anda menggunakan layanan Feedburner, sangat penting untuk tidak merubah kembali setting Feedburner agar anda tidak kehilangan pelanggan. Sayang 'kan bila pelanggan Feedburner mulai dari 0 lagi.

4. Apakah saya akan kehilangan PageRank dan Alexa?

Benar. Namun jangan khawatir PageRank dan Alexa anda akan segera menyesuaikan diri. Sebagai tambahan informasi pada 8 Maret 2012, Alexa Catatan R10 adalah 26.329.752 dan pada 8 April 2012 Alexa Catatan R10 telah mencapai 1.046.463. 

Untuk PageRank memang catatan-r10.com masih N/A tetapi ini wajar mengingat Google update PageRank tiap beberapa bulan sekali, tidak update setiap hari layaknya Alexa.

5. Bila saya menggunakan custom domain apakah posting blog saya tetap akan ada?

Tentu saja. Sebagai contoh artikel Catatan R10 yang beralamat di http://www.catatan-r10.blogspot.com/2011/02/seberapa-besar-kapasitas-blogspot.html akan dapat dibaca di http://www.catatan-r10.com/2011/02/seberapa-besar-kapasitas-blogspot.html.

6. Apakah saya dapat mengontrol DNS?

Tentu saja. Namun hal ini harus ditanyakan ke penyedia jasa custom domain anda, apakah mereka memberikan fasilitas ini atau tidak.

7. Bila saya membeli custom domain dari Blogger apakah hosting saya di Blogger akan tetap gratis atau harus membayar?

Tetap gratis. Layanan tetap seperti ketika anda menggunakan domain blogspot.

8. Apakah saya tetap akan mendapat berbagai fitur Blogspot bila menggunakan custom domain?

Tentu saja, seperti yang dijelaskan pada pertanyaan nomer 7.

9. Custom Domain saya expired (habis). Apakah saya dapat kembali menggunakan domain blogspot?

Tentu saja. Namun anda harus melakukannya secara manual di Setting > Publishing untuk berpindah kembali menggunakan domain blogspot.

10. Apakah statistik pengunjung blog saya akan kembali 0?

Bila yang anda maksud adalah Blogger Stats (statistik pada dashboard blog anda), maka jawabannya adalah tidak. Statistik anda akan tetap berlanjut sebagaimana adanya.

Referensi: SpiceUpYourBlog