Mar 9, 2012

Tutorial Blogger: Cara Meningkatkan Kecepatan Blog

Blog yang cepat disenangi pembaca. Bila blognya "sulit" untuk dibuka tentu pembaca akan menutup blog anda sebelum membacanya. Berikut ini tips dari Google untuk meningkatkan kecepatan blog anda.


Posting


Jumlah tampilan artikel di halaman depan mempengaruhi kecepatan blog. Jumlah maksimal yang direkomendasikan Google adalah 10 postingan. Anda dapat mengaturnya di Settings | Formatting.

Javascript dan Link

Google menyarankan untuk memasang javascript/link dari Google/Blogger widgets. Namun bila anda memilih menggunakan javascript/link dari pihak ketiga maka letakan di bagian bawah blog. Dan bila javascript/link (dari pihak ketiga) berada di sidebar maka letakan di bagian bawah sidebar.

Gambar dan Media


Semakin banyak gambar, video atau multimedia lainnya semakin berat pula blognya. Google menyarankan untuk menggunakan produknya untuk menampilkan gambar dan media, misalnya menggunakan Picasa Web Album.

Jangan lupa untuk memperkecil ukuran gambar dan pilih menggunakan thumbnail ketimbang menampilkan ukuran asli gambar.

Lainnya

Bila anda menggunakan CSS tambahan sendiri, maka pastikan untuk meletakannya di halaman atas. Terakhir untuk mengetahui kecepatan blog anda, Google menyarankan untuk menggunakan Stopwatch.

Referensi: