Feb 20, 2012

Tutorial Blogger: Cara Menampilkan Data Google Analytics Ke Publik Dengan SeeTheStats

Terkadang menampilkan data statistik Google Analytics blog diperlukan untuk menjaring minat calon pengiklan blog anda. Biasanya karena ketidaktahuan atau kesengajaan pemilik blog memilih mengcapture gambar data statistik Google Analytics. Cara ini mungkin terasa tidak menyakinkan bagi calon pengiklan sebab gambar tersebut bisa saja telah dimanipulasi.


Itu sebabnya anda perlu menggunakan layanan pihak ketiga untuk menampilkan data Google Analytics anda secara real time. Jadi calon pengiklan tahu pasti trafik blog anda. Salah satu layanan yang dapat dicoba adalah SeeTheStats.com.

Cara Menampilkan Data Google Analytics Ke Publik Dengan SeeTheStats

Langkah Pertama

Sign Up/Daftar SeeTheStats.com.

Langkah Kedua

Konfirmasi Seethestasts melalui email yang digunakan untuk mendaftar.

Langkah Ketiga

Buat "New Website Pages"

Langkah Keempat

Baca peringatannya baik-baik, peringatannya kalau diterjemahkan kurang lebih artinya:

Silakan baca teks ini dengan seksama, ini bukan bla bla bla biasa.

Untuk memodifikasi sebuah halaman webstat untuk [alamat url blog anda], Anda harus sign in ke account Google Analytics Anda dan memilih profil dari website yang Anda ingin memodifikasi halaman webstats. Ketika Anda klik link di bawah ini, anda akan diantar ke Google Analytics sign-in halaman. Harap dicatat bahwa SeeTheStats tidak akan memerlukan atau meminta login Google Anda dan informasi password. Informasi ini bersifat rahasia dan hanya untuk Anda gunakan!

Setelah berhasil sign in ke Google Analytics, Anda akan ditransfer kembali ke halaman ini dan Anda akan menemukan Google Analytics profil situs Web Anda di sini.

Langkah Kelima

Hubungkan SeeTheStats dengan Google Analytics, klik "Sign in to Google Analytics".

Langkah Keenam


Pilih data mana saja yang hendak ditampilkan di SeeTheStasts.

Langkah Ketujuh

Bila ingin data statistik Google Analytics anda tetap privat/rahasia, maka beri tanda centang pada statistik yang dipilih.

Langkah Kedelapan

Atur rentang waktu data statistik Google Analytics, secara default adalah 30 hari terakhir.

Langkah Kesembilan

Klik "Update Webstat page!"

Selesai. Bila memang anda mengatur data SeeTheStats untuk publik (bukan privat), maka data anda dapat dilihat di http://www.seethestats.com/directory.