Jan 25, 2012

Taman Bunga Nusantara Tujuan Wisata Keluarga

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu tempat wisata di daerah Puncak, Cipanas - Cianjur. Minggu (22/01/12) kemarin, R10 berkesempatan berwisata ke Taman Bunga Nusantara bersama komunitas Myquran. Entri kali ini merupakan rekap perjalanan R10 mulai dari sebelum berangkat hingga pulang.


Berangkat Menuju Titik Kumpul



Komunitas Myq (sering disebut Myqers) sepakat untuk berkumpul pada pukul 7 pagi di tempat parkir UKI agar bis yang ditumpangi mudah keluar menuju tol. Satu-satunya masalah yang R10 hadapi adalah bagaimana mencapai tempat parkir UKI pada pukul 7 pagi, sebab jarak Ciputat - UKI jauh.

Dengan waktu sholat subuh pukul 04.27 pagi maka mau tak mau agar dapat berangkat naik angkot Ciputat - Lebak Bulus pukul 5 pagi maka R10 harus berangkat dari rumah 4.15 pagi agar dapat sholat subuh berjamaah di Masjid Agung Ciputat.


Lalu dimulailah hari H tiba. Seperti biasa, ada saja hal yang tak berjalan sesuai rencana. Mulai dari berkali-kali terbangun dari tidur, yang akhirnya sekitar pukul 02.30 pagi R10 putuskan lebih baik bersiap sekarang daripada akhirnya ketiduran. Lalu masalah muncul kembali, yakni saat hendak berangkat dari rumah pukul 4.15, tiba-tiba saja terserang sakit perut...oh tidak.... terpaksa "ke belakang" dahulu...akhirnya baru bisa berangkat keluar dari rumah pukul 4.25 yang artinya hanya ada waktu 2 menit saja sebelum adzan subuh. Tak ada pilihan kecuali berjalan cepat menuju Masjid Agung Ciputat dengan harapan akan tiba pas sebelum iqomah sholat subuh.

Alhamdulilah, akhirnya dapat juga berjamaah. Ternyata pada jam subuh tersebut ada juga 'loh jamaah yang hendak pergi ke suatu tempat, terlihat dari barang bawaan mereka. Senang rasanya melihat masih ada orang yang mementingkan sholat subuh dahulu ketimbang pergi tanpa sholat.

Pukul 5 pagi, Alhamdulilah mendapat angkot Koantas Bima yang sudah penuh sehingga tidak ngetem lagi menunggu penumpang. Dan R10 pun tiba di Terminal Lebak Bulus pukul 5.20, setelah membeli tiket busway, terlihat ada busway, sayang saat hendak naik, pintu busway pun ditutup dan berangkat. Terpaksa harus naik busway selanjutnya yang akhirnya berangkat pukul 5.30. Hanya berbeda 10 menit memang, tapi ini 10 menit waktu terbuang yang sia-sia, mengingat R10 buta akan situasi jalan dan busway di halte transit Grogol 2 nanti. Sepanjang perjalanan menuju transit halte busway di Grogol 2, R10 berkali-kali melihat jam di busway dan terus berpikir cukupkah waktu untuk sampai di Terminal UKI jam 7 nanti?


Pukul 6.09 akhirnya sampai juga di Grogol 2, Alhamdulillah tidak perlu menunggu lama busway koridor 9 Pinang Ranti - Pluit tiba, lebih bersyukur lagi kekhawatiran salah jurusan memilih koridor busway tak terjadi. Busway koridor 9 Pinang Ranti - Pluit ternyata tidak lewat halte Cawang UKI, melainkan hanya sampai halte Cawang BNN sebelum akhirnya masuk tol menuju Pinang Ranti. Untungnya R10 sudah diberitahu hal ini sehingga saat di halte busway Cawang Ciliwung, sudah bersiap untuk bertanya kepada petugas, apakah akan lewat Cawang Uki atau tidak. Karena dijawab tidak, akhirnya R10 putuskan untuk turun di halte Cawang BNN yang berjarak sekitar 300 meter dari tempat parkir UKI. Tiba di halte Cawang BNN pukul 6.41, kemudian bertanya ke petugas busway arah tempat UKI, ternyata petugas tersebut memberikan informasi yang salah, karena tidak sesuai dngan gambaran dari peta yang R10 ketahui, maka diputuskan bertanya kembali ke petugas busway lainnya, kali ini petunjuknya benar.

Alhamdulillah sampai di tempat parkir UKI 6.52 dan selanjutnya tinggal menunggu kawan-kawan Myqers lainnya tiba.

Berangkat Menuju Taman Bunga Nusantara


Setelah semua kawan-kawan Myqers tiba, bus akhirnya berangkat pukul 8.10 pagi, diawali dengan berdoa dan pembacaan Al Quran. Perjalanan menuju Taman Bunga Nusantara lebih banyak tertahan akibat kemacetan di tol. Selepas tol saat menuju puncak, perjalanan lancar sebab polisi membuat lalu lintas satu arah bagi kendaraan yang menuju puncak.

Tiba Di Taman Bunga Nusantara

Tiba di Taman Bunga Nusantara pukul 11.50 siang, dan itu hampir empat jam perjalanan, terbayang 'kan jauhnya perjalanan :) Setelah tiba, panitia mempersiapkan keperluan untuk masuk Taman Bunga, setelah itu dilanjutkan acara makan siang, sholat dzuhur dan perkenalan, juga tukar kado. Kemudian acara foto bersama. Selepas itu acara bebas hingga pukul 4 sore.

Kesan R10 Di Taman Bunga Nusantara


Selepas acara bersama, masing-masing Myqers memiliki agenda sendiri-sendiri, R10 sendiri kemudian berkeliling, sayangnya karena keterbatasan waktu, dari 23 hektar luas Taman Bunga Nusantara, R10 hanya sempat menjelajahi 10 hektar saja mungkin. Kebanyakan area yang R10 telusuri adalah Taman Imajinasi, lokasi dimana anak-anak dapat bermain. Wahana permainan Alam Imajinasi cukup menarik, selain permainan anak-anak standar juga ada permainan gokart dan ATV Race.


Taman Bunga Nusantara memang cocok untuk rekreasi keluarga, wisatawan yang berkunjung umumnya datang bersama keluarga mereka dan yang menarik adalah banyaknya orang arab yang berwisata di sini. Mereka umumnya datang bersama keluarga atau teman mereka. Bila anda melihat buku Kritik dan Saran yang terletak dibuku keluar akan dapat dilihat banyaknya tulisan arab :D

Taman Bunga Nusantara secara keseluruhan cukup bersih dan terawat, R10 agak terkejut juga, melihat toilet yang bersih, padahal selama ini kesan R10 terhadap toilet umum adalah jorok dan kotor, sehingga R10 lebih memilih menghindari buang air :malu: tapi di Taman Bunga Nusantara ini, saat sedang menjelajahi, akhirnya datanglah momen yang sulit dihindari :malu:


Tak ada pilihan kecuali buang air, dan Alhamdulilah, R10 mendapatkan toilet yang sepi, tidak ramai dekat Taman Jepang, lebih bersyukur lagi ternyata toilet tersebut cukup bersih sehingga R10 dapat buang air dan bersuci dengan tenang, yang kemudian dilanjutkan sholat ashar... Semua proses itu R10 lakukan dengan santai karena toilet dan musholanya sepi, di lokasi taman lain umumnya ramai, misalnya di lokasi sholat dzuhur sebelumnya.

Pulang Dari Taman Bunga Nusantara Dan Masalah Sholat


Sesuai dengan perintah panitia Myqers berkumpul di Taman Merak. Setelah berfoto-foto bersama, akhirnya pulang dari Taman Bunga Cipanas pukul 16.58. Seperti diduga kepulangan ini akan menjumpai macet dan baru lancar selepas memasuki tol.

Tiba di tempat parkir UKI pukul sekitar 9.30 lewat (atau 8.30? R10 lupa karena di saat tersebut R10 lupa menulis di catatan). 5 jam perjalanan, satu jam lebih lama dari waktu berangkat. Yang agak membuat R10 kecewa adalah Myqers memutuskan untuk melewatkan masjid/mushola yang bertebaran di sepanjang jalan. Akhirnya selama perjalanan pulang dari Taman Bunga Cipanas menuju tempat parkir UKI tidak ada yang sholat, sholat wajib di dalam bus tidaklah mungkin karena ajaran agama melarang sholat wajib di bus.


Dari tempat parkir UKI menuju Ciputat, R10 pulang dengan menumpang mobil Urvan yang bertempat tinggal di Bintaro. Lokasi yang dekat dengan Ciputat. Setiba di rumah setelah berberes, akhirnya dapat juga sholat maghrib dan isya dengan cara dijamak.

Keesokan harinya, akhirnya R10 mengetahui mengapa akhirnya diputuskan melewatkan sholat maghrib dan isya. Yakni karena khawatir akan sampai terlalu malam maka diperkirakan kendaraan untuk pulang akan sulit, terutama sekali para akhwat (perempuan), ada 'loh akhwat yang harus pulang seorang diri dan busway malam itu susah serta juga musti dioper-oper sebelum sampai ditujuan. Selain itu tidak mudah mencari parkir bus di dekat masjid/mushola di saat kemacetan.

Tentang Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara terletak dekat Gunung Gede Pangrango tepatnya di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Kabupaten Cianjur 43254, Jawa Barat, Indonesia. Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh presiden Soeharto pada 10 September 1995.

Jam Buka:

Hari Biasa pukul 08.00 - 17.00
Weekend/Hari Libur pukul 08.00 - 17.30

Tiket Masuk:

Mobil Rp 10.000
Mini Bis Rp 15.000
Bis Rp 20.000
Motor Rp 5.000

Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara (4 tahun keatas):

Tiket Masuk Rp 20.000 per orang
Tiket Dotto Rp 25.000 per orang (sudah termasuk tiket masuk)
Tiket Garden Tram Rp 25.000
Tiket Mobil Wira-Wiri Rp 4.000
Tiket Rumah Kaca Rp 2.000
Tiket Lift Menara Pandang Rp 1.000

Email: info@tamanbunganusantara.com tamanbunganusantara@yahoo.co.id

Telepon: +62 263 581 617, 581 618
Fax: +62 263 581 616

Hal lain yang mungkin ingin diketahui:

Tiket busway pukul 5.00 - 7.00 Rp 2.000
Tiket busway selepas pukul 7.00 Rp 3.500

Tempat Parkir motor 24 jam di Daerah Cawang - UKI, Biaya parkir Rp 3.000 per 12 jam atau Rp 45.000 hingga 50.000 per bulan.
Ingin mengetahui kesan dan pesan Rihlah Myquran di Taman Bunga Cipanas? Silahkan menuju link ini.  Berhubung ada aturan tak tertulis di Myq dimana foto akhwat tidak diupload tanpa ijin (kadang juga ikhwan), maka jangan heran kalau mau tahu orangnya seperti apa, yah musti bertemu langsung :D


16 comments:

  1. aku sering kesini karena dekat dgn rumah saudara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sudah sering rupanya, ga bosan mbak :D

      Delete
  2. aku seneng tuh main ke tempat semacam itu
    tapi sering males kalo inget di jalannya suka macet

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hari libur memang tmpat wisata pasi mact :(

      Delete
  3. di sana ada cowok dan cewek lihat maze ... itu kamu?

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. ayo ke puncak gan, pakai motor aja, beat kuat kok diajak nanjak :D

      Delete
  5. Yup, puncak makin banyak pilihan wisata
    Untung gak terlalu jauh dari sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau dari rumahku jauh juga loh mas :D

      Delete
  6. komunitasnya menyenangkan sekali kayaknya. wah r10 super duper pemalu, hehehe... mesti beraniin dikit ngobrol ajak kenalan terutama lawan jenis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka kesulitan mendengar, itu menyebabkan aku defensif dan menyendiri :(

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.