Jul 2, 2013

Blogger Tanpa Sinyal Itu Sesuatu: Susahnya Sinyal 3G Di Indonesia

Jadi ceritanya selama weekend kemarin, R10 mengunjungi Yogya untuk mengikuti Silakbar myQuran di pantai Depok. Ada kendala menuju Yogya, saat di Yogya dan dalam perjalanan pulang ke Jakarta. Masalahnya adalah sinyal! Tak ada sinyal 3G di banyak tempat sepanjang jalan. Padahal R10 menggunakan paket internet super ngebut dari XL yang mengharuskan menggunakan layanan 3G only, atau hanya 3G!


Pertama saat di Tol dari Jakarta menuju Bandung. Tepatnya di Rest Area Km 50, Karawang Barat. Busnya bermasalah dengan ban dan rem. Jadi harus menepi. Mobil service datang tapi, ternyata butuh membeli sparepart yang mana tokonya baru buka jam 8 pagi. Jadi kami harus bermalam di rest area dari jam 12 malam hingga jam 12 siang. Dan coba tebak saudara-saudara.... di jalan tol Jakarta-Bandung, di Karawang Barat tak ada sinyal 3G -_- jadilah R10 mencari kesibukan lain yang tak menggunakan ponsel. Bagaimana mau ngeblog dan blogwalking bila tak ada sinyal.

Kedua, saat bus kembali bermasalah lalu menepi di Gerbang Tol Kopo, Bandung. Menunggu bus pengganti datang dari jam 14.00 hingga pukul 19.00 lagi-lagi tanpa sinyal 3G.

Ketiga, sepanjang perjalanan dari Bandung menuju Yogya, melalui jalur selatan. Sinyal 3G lebih sering hilang. Ada beberapa daerah yang R10 lihat sinyal 3G cukup bagus, seperti di Nagreg, Kabupaten Bandung. Tapi yah itu, keseluruhan di jalur selatan menuju Yogya tak ada sinyal 3G.

Keempat, di pantai Depok, Yogya. Ternyata di tempat wisata pun tak ada sinyal 3G. Padahal pantai Depok tepat berada disamping pantai Parangtritis yang terkenal itu. Sayang R10 tak sempat mengunjungi pantai Parangtritis, karena tak ada cukup waktu. Jadi tak dapat mengetahui kekuatan sinyal disana.

Kelima, di Yogya. Menuju Yogya dari arah pantai Depok, ternyata tak ada sinyal 3G saudara-saudara. R10 kira menuju pusat kota akan mudah mendapat sinyal 3G. Tapi yah itu ternyata sinyal 3G baru didapat saat tiba di alun-alun keraton. 

Kami tiba di pantai Depok pukul 9 pagi dan setelah melakukan aktivitas Silakbar, kami tiba di alun-alun keraton pukul 7 malam. Pulang dari alun-alun menuju Jakarta pukul 10 malam. Karena itu R10 tak tahu bagaimana sinyal 3G di pusat wisata Yogya, seperti di Malioboro dan lain-lain.

Keenam, kembali dalam perjalanan pulang ke Jakarta, saat di Kabupaten Bandung sinyal 3G bagus, daerah lain lebih banyak hilangnya. Saat di tol Bandung-Jakarta saat sudah di Karawang yang mana pertanda Jakarta makin dekat, sinyal 3G mendadak hilang kembali.

Kesimpulan

Sekarang R10 mengerti susahnya menjadi blogger traveller, mau live report perjalannya tergantung ketulusan sinyal 3G :D

Sinyal 3G saja tak merata, padahal tak lama lagi akan hadir teknologi 4G dan 5G. Indonesiaku gitu 'loh :D

22 comments:

  1. memang susah kalau blog mengandalkan ke 3G jd susah bikin postingan karena lamban..


    pertamax

    ReplyDelete
  2. Coba bawa antena , insya ALlah dapet sinya hehe

    ReplyDelete
  3. begitulah indonesia, hehehehehehehh

    ReplyDelete
  4. Wahaha.. pernah ngalamin ini. Parah banget deh. Nyebeliiin. Karena sebenarnya update twitter atau update foursquare bukan semata-mata untuk ajang 'pamer', tapi aku sangat terbantu dengan update2 itu untuk mengukur estimasi waktu perjalanan. Apalagi kalo rencananya perjalanan itu mau dibuat tulisannya. Dari spot A ke B, B ke C, dan lain sebagainya. Tapi kadang karena kendala sinyal itu, jadinya estimasi waktu kurang tepat.

    Yah,. Indonesia. Hehe..

    ReplyDelete
  5. indonesia...
    .___.


    hahaha
    untung aku bukan traveller blogger
    :))

    ReplyDelete
  6. Itulah koneksi internet Indonesia Mas kadang menyenangkan kadang sebaliknya.

    ReplyDelete
  7. Selama di Cikampek aku juga mengalami kesusahan mendapatkan signal padahal sebelumnya kalau keisni lancar

    ReplyDelete
  8. ya gtu deh.. lelet.. pake speedy aja masih bisa ganggguan....

    ReplyDelete
  9. wah, aku kirain myquran udah ga ada, kak. soalnya lama ga denger kabarnya. hiks

    ReplyDelete
  10. provider Indonesia hanya memberikan layanan 3G pada daerah tertentu saja...dan bukan untuk seluruh Indonesia....jadi apakah ini termasuk penipuan kepada kustomer atau tidak..kita serahkan saja kepada ahlinya :-)

    ReplyDelete
  11. di kota ane sinya 3G banyak gan :D

    ReplyDelete
  12. ada sinyalnya tapi mau connect susah, kadang bikin sebel juga gan

    ReplyDelete
  13. Bener tuh gan, mau blogwalking aja lama

    ReplyDelete
  14. ea bener banget tuh.... di jkt aja susah

    ReplyDelete
  15. gede bacot doang, tapi kenyataan di lapangan bertolak belakang doang.. hahaha

    ReplyDelete
  16. hahahahah :D

    mari kita pindah ke jepang gan.,
    kwkkwkkw :D

    salam kenal ya.,

    ReplyDelete
  17. Biasalah indonesia, selalu dapat yag sisa2

    ReplyDelete
  18. Di Jogja cepet banget yaaa... gak jadi ketemuan. Aku juga lagi ada raker di tempat kerjaku

    ReplyDelete
  19. indonesia memang seperti ini lah.
    visit me back ya..

    ReplyDelete
  20. blogger tanpa internet, bagai ikan yang ada di daratan, hehhe

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.