Jun 4, 2013

Holland Bakery Antara Halal Dan Haram

Selama ini R10 berpikir Holland Bakery halal karena itu bila membeli/memakan roti biasanya memilih Holland Bakery, Sari Roti atau pedagang roti kaki lima yang mana R10 ber-husnudzon produk mereka halal. Intinya menghindari membeli/memakan J.CO atau Bread Talk yang kehalalannya diragukan. Nah kemarin secara tak sengaja R10 mendapat informasi dari Official Page Holland Bakery yang mengatakan bila ada produk mereka yang menggunakan bahan tak halal.




Ternyata Holland Bakery mengakui bila bahan baku produk mereka halal, kecuali bahan baku untuk Black Forest yang menggunakan Rum.

Astagfirullah... Black Forest dari Holland Bakery itu pernah R10 makan beberapa kali, tapi selama ini tak tahu kalau bahan bakunya menggunakan rum.



23 comments:

  1. hah,, baru nyadar juga setelah baca tulisan ini..hm..

    mkasih sob..sangat bermanfaat sekali !!!

    ReplyDelete
  2. Konsumen memang harus tahu apakah produk itu mengandung bahan yang halal atau haram. Sertifikasi menjadi hal yang penting. Tentu produsen lebih-lebih yang sudah mempunyai nama dan terkenal akan bersikap transparan tentang hal ini. Konsumen harus hati-hati, cermat dan memastikan bahwa produk itu halal. Terima kasih infonya. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
  3. Rum itu kan sejenis minuman hasil fermentasi dari buah...yaaah kadar alkoholnya lumayan juga....

    ReplyDelete
  4. Waw..pemikiran sy juga sama, saya mengapresiasi kejujuran pihak Holland Bakerynya juga...terbuka akan lebih membuat kedua pihak(konsumen dan produsen) sama-sama nyaman...

    ReplyDelete
  5. Harusnya Holand Bakery mencantumkan makanan yg pake Rum itu di produk mereka..

    ReplyDelete
  6. Aku malah baru tahu kalo rum tidak halal. Beda sama rum butter ga ya? itu kan bahan wajib ibu2 yang jual kue kering di waktu lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rhum sm roombutter berbeda Bu Susi,klo rhum berbentuk cairan terbuat Dr alkohol,klo roombutter spt mentega,tp roombutter pun ada yg terbuat Dr minyak babi,jd cari yg ada halal MUI nya saja.

      Delete
    2. Beda Bu Susi antara rhum dan roombutter

      Delete
    3. Kalo rhum bertujuan untuk menambah aroma cake tdk masalah klo tdk memakainya,,, dan setahu saya terbuat dr babi tp klo butter alias mentega itu mmg wajib ada dan insyaAllah halal.

      Delete
  7. wahh nggak tau kalo mengandung rum BF-nya. ati-ati deh ahh.

    ReplyDelete
  8. saya belum pernah beli kue di toko kaya gitu mas, hehehehhe

    ReplyDelete
  9. aku kebetulan gg terlalu suka "jajan" roti sih. hhehhe~ boseen

    ReplyDelete
  10. bukan hanya hollad bakery loh..masih banyak juga produsen roti semacamnya yang mengggunakan rum dalam salah satu roti buatannya..maka selalu berhati-hatilah dan waspadalah

    ReplyDelete
  11. untung jarang makan, mahal... :D

    ReplyDelete
  12. Wah ? Berbahaya dong kalau terus di konsumsi ..
    untungnya saya gak pernah beli soalnya harganya lumayan tinggi ..

    ReplyDelete
  13. yg jadi pertanyaan, knapa proses sertifikasinya lama sekali???

    ReplyDelete
  14. Saya sejalan dengan Anonymous yang mempertanyakan kenapa sertifikasi MUI lama? Seorang kawan yang memiliki pengalaman mengurus sertifikasi halal pernah berserita, ada tawar menawar nilai yang ternyata harus dibayarkan. Jika sudah seperti ini apakah sertifikasi halal MUI bisa jadi patokan halal tidaknya sebuah produk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tau berapa rupiah per itemnya ?

      Delete
    2. Makan makanan yg mengandung rum dosanya tidak seberapa dibandingkan dg tidak salat atau tidak puasa. Apalagi dg menduakan Allah yg tdk bs duampuni

      Delete
  15. Kalau rum, ini memang salah satu bahan pembuat kue tart black forest. Rum ini yg memberikan aroma khas black forest. Yang perlu diperhatikan, rum apakah yg dipergunakan? Jika menggunakan rum asli yg mengandung alkohol, berarti haram. Namun jika menggunakan aroma rum (dari essens utk makanan) mungkin tidak haram. Jika menggunakan rum asli, tidak hanya Holland Bakery saja yg haram, semua toko roti yg menggunakan rum seperti itu juga haram black forestnya. Penggunaan rum ini juga kadang dijumpai pada produk kopi seperti Irish Coffee.

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah...
    Baru nyadar...
    Lebih baik terlambat pemberitahuannya dari pada tidak tahu sama sekali...
    Syukron...

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.