Nov 16, 2012

Study Tour myQuran Ke TMII Dan Kidzania Bersama Anak-Anak Kampung Cibuyutan

Baksos Study Tour ke TMII/Kidzania kali ini adalah lanjutan dari Baksos 1 Cibuyutan. Karena sisa donasi dari donatur baksos 1 masih banyak, maka ada usul lanjutan untuk baksos Cibuyutan. Dan yang dipilih adalah study tour ke TMII/Kidzania memperkenalkan dunia luar kepada anak-anak Cibuyutan (murid-murid MI Miftahussollah). Agar mereka bersemangat mencari ilmu, mengejar cita-cita dan tidak memilih putus sekolah.


Kendala Persiapan

Sebenarnya yang ditunjuk sebagai ketua pelaksana baksos Myquran kali ini adalah senior myQuran, tetapi kemudian ditunjuk ketua myQers < 25 tahun. Kebanyakan Pj/relawan yang turut serta dalam tim juga myQers < 25 tahun.

Kendala pertama baksos kali ini adalah ketuanya sangat sibuk antara kegiatan kuliah dan kerja. Pj/relawan lain juga sibuk, alhasil dari sisa waktu yang ada tim panitia hanya punya kesempatan 3 kali syuro.

Kendala kedua adalah komunikasi antar panitia. Jadi komunikasi antar panitia akhirnya menggunakan teknologi seperti sms, Facebook, whatapps, dan BBM. Terlebih ketika forum myQuran down kena serangan hacker yang membuat forum "koma" beberapa hari. Benar-benar teknologi alternatif sangat membantu.

Kendala ketiga adalah, adanya masalah miskomunikasi antar panitia. Alhamdulillah satu demi satu masalah dapat diatasi. The Show Must Go On.

Hari H - Menjemput peserta Study Tour

Akhirnya hari H tiba. 5 orang relawan berangkat ke Cibuyutan dengan bus dari "markas myQuran" kurang lebih pukul 3.30 pagi. Setelah mampir sholat subuh di SPBU, tim melanjutkan perjalanan  dan tiba  kira-kira pukul 6 pagi. Dimana anak-anak Cibuyutan telah tiba bersamaan. Alhasil panitia sedikit terburu-buru membagi-bagikan sepatu kepada anak-anak.

mengatur barisan, bagi-bagi sepatu

Setelah makan pagi, kami berangkat ke TMII sekitar pukul 7 lewat.

TMII

Kami tiba di TMII kurang lebih pukul 9.30 pagi. Museum pertama yang dikunjungi adalah Museum Iptek, setelah ishoma selanjutnya kami menuju kereta gantung dan diakhiri dengan mengunjungi Museum Transportasi dan foto bersama di depan Keong Mas.

di museum iptek

di museum transportasi
foto anak cibuyutan + guru dan wali

Tahukah anda? Kebanyakan panitia/relawan utama baksos ini ternyata juga baru pertama kali ke TMII. Entah mana yang lebih antusias, anak-anak Cibuyutan atau relawan? :D

Masjid Istiqlal

di masjid Istiqlal

Setelah dari TMII sekitar pukul 5 sore, kami melanjutkan perjalanan ke masjid Istiqlal untuk melakukan ishoma maghrib dan isya. Sambil menanti sholat isya salah seorang relawan memberikan tausyiah kepada anak-anak. Anak-anak juga diberi kesempatan "bermain" di halaman dalam Istiqlal yang lumayan luas.

Monas

Di monas

Sepulang dari Istiqlal sebelum menuju penginapan Hobi-Hobi, kami menyempatkan diri untuk foto bersama di depan monas. Tak lama sebab kami semua sudah lelah.

Penginapan Hobi-Hobi

Awalnya yang dipilih untuk penginapan adalah Desa Wisata TMII.  Tetapi mengingat budget anggaran dan jumlah peserta, akhirnya dipilihlah penginapan Hobi-Hobi di Bekasi.



Kebetulan ada kolam renang, sehingga dapat digunakan untuk memperkenalkan olahraga air. Pastinya banyak dari anak-anak Cibuyutan belum pernah bermain di kolam renang.

Kidzania

Kami berangkat dari Hobi-Hobi menuju Kidzania sekitar pukul 7.30 dan tiba sekitar pukul 8.30 di Pasific Place. Hanya 5 relawan yang masuk Kidzania mendampingi sekitar 30 anak Cibuyutan.

banyak yang baru pertama kali naik ekskalator

menjadi pembalap cilik

agen csi cilik

presenter tv cilik

pilot cilik

Di Pasific Place mereka tampak terkagum-kagum, misalnya kebanyakan dari mereka baru pertama kali naik ekskalator. Di Wahana Kidzania pun juga demikian. Mereka tampak malu-malu mencoba wahana Kidzania, seperti diajak bermain polisi-polisian. Secara umum mereka antusias mengikuti kegiatan di Kidzania ini.

*baksos study tour tmii/kidzania ini berlangsung pada 10 - 11 November 2012