Aug 4, 2012

13 Tahun myQuran: Tetap Eksis Ditengah Serbuan Facebook Dan Aneka Sosmed

MyQuran adalah forum komunitas Islam terbesar di jagad dunia maya Indonesia. Walau dihajar serbuan aneka sosmed seperti Facebook, Twitter, dan juga munculnya situs-situs berita Islam, ternyata myQuran masih mampu eksis. 29 Juli 2012 lalu myQuran merayakan milad-nya yang ke-13. Acaranya sederhana, dirumah salah seorang anggota Myqers di bilangan Condet.


Awalnya acara di Condet tersebut adalah acara buka puasa bersama, namun beberapa hari menjelang acara berlangsung seorang moderator forum mengingatkan 29 Juli milad myQuran ke-13. Jadilah acara bukber puasa digabungkan dengan acara milad.


Acara bukber kali ini juga berlangsung sangat sederhana, sebenarnya direncanakan adanya kajian. Namun Ustadz Farid Nu'man berhalangan hadir, jadilah tradisi kajian bukber puasa batal. Presiden myQuran (pak Isnan) sendiri baru datang menjelang waktu berbuka. Dalam sambutan singkatnya, pak Isnan berkisah singkat dan mensyukuri tahun 2012 myQuran mulai eksis kembali. 

Banyak acara offline myQuran di tahun 2012 ini, seperti rihlah, baksos, kajian muslimah. Dan banyak myQers berpikir, inilah yang membuat myQuran berbeda dengan forum sebelah. Ikatan kekeluargaan sangat terasa, saat salah seorang anggota myQers menikah di Jakarta, myQers Jogya menyempatkan diri datang. 

Acara bukber puasa dan milad ini juga dikoordinir oleh myQers - 25 (anggota myQ dibawah 25 tahun). Ini juga sekaligus regenerasi. Saat baksos jilid 2 ke Cibuyutan mendatang, ketua pelaksananya juga myQers - 25.

Momen paling menarik dari bukber puasa milad ini selain acara tukar kado adalah datangnya seorang aktivis myQuran di Board DDI (Dunia Dakwah Islam). Board DDI merupakan board MyQuran paling panas sebab terjadi "perang mazhab Islam". Sehingga datangnya aktivis DDI adalah kejutan!

Beliau datang bersama kedua anaknya, dan memberi air zam-zam gratis!