Jul 12, 2012

Inilah Sepeda Motor Berbahan Bakar Gas

Sekelompok pemuda di Panimbang, Pandeglang yang bergabung dalam GPS (Gerakan Pemuda Sehat) membuat inovasi yaitu mengalihkan motor memakai bahan bakar gas menggantikan premium. Gas yang digunakan memakai tabung gas 3 kg yang banyak dijual. Hasilnya para tukang ojek yang menggunakan bahan bakar gas pada motornya mampu menempuh 300 - 400 km. Bandingkan dengan bila memakai premium, motor harus selalu diisi 2 liter premium untuk menmpuh jarak 1 hari saja.


Cara kerja motor ini adalah dengan mengalirkan gas dari tabung melalui selang ke karburator motor dengan alat buka tutup tekanan gas di antara keduanya. Untuk menghidupkan motor digunakan cara manual.

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat sepeda motor menggunakan bahan bakar gas sangat murah, cukup Rp 200.000. Tidak perlu keahlian khusus untuk memasangnya, semua orang dapat memasang. Peralatan yang dibutuhkan hanya tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram, selang regulator dan sedikit modifikasi di bagian karburator.

Tak perlu takut mesin motor menjadi rusak, sebab bahan bakar gas justru membuat motor lebih awet. Biaya perawatannya pun menjadi berkurang. Takut gas meledak? Gas bersifat cair dan akan mudah memuai di ruang terbuka. Jadi tak perlu khawatir karena sulit bagi api menyambar gas yang meledak di ruang bebas. Resiko kebakaran akan sangat berkurang.

Referensi: Forum Vivanews (gambar ukuran asli, klik disini)


2 comments:

  1. wah?????? penemuan yang sangat bagus sekali ni,.,.
    tapi kalo yang berbahan air gmn?? ada gx ya?????

    ReplyDelete
  2. lagian tabung gas itu aman kok
    istilah tabung gas meledak seperti anggapan orang tuh keliru
    rata rata kebakaran karena selang atau regulator bocor dan tabungnya utuh

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.