Nov 17, 2011

Sejarah Ngeblog R10



Mengikuti giveaway John Terro blogger intikali yang jago bikin template blog. Pertama kali R10 ngeblog adalah Desember 2007 di Blogspot. Blog pertama dan kedua sebenarnya sih sudah lupa alamat url-nya karena sudah R10 hapus. Untungnya ada Google, dengan mengira-ngira judul dan alamat blog R10 dulu, diketahui kalau blog pertama R10 adalah:

Blog Generasi Pertama

http://diaryislam-rio.blogspot.com dan http://atletbintangmuslim.blogspot.com
(tak ada live link karena memang blognya sudah R10 hapus)


Kedua blog tersebut dibuat pada bulan Desember 2007. Saat bikin kedua blog tersebut, R10 belum terlalu mengutak-atik kode html template, baru sekedar melakukan setting-setting mendasar seperti buku tutorial blog yang R10 beli.

Blog Generasi Kedua

Yang R10 maksud blog generasi kedua adalah saat R10 tak lagi coba-coba membuat blog, tetapi mulai fokus untuk mencoba rutin update dan melakukan blogwalking. Blog tersebut adalah:


Artikel pertama blog My-Blogwalking adalah Tutorial Membuat Gmail yang dipublish 15 September 2008. lihat saja akhir alamat artikel blognya:

http://my-blogwalking.blogspot.com/2008/09/tes.html
(lihat akhiran "tes" kan he he, seharusnya akhirannya "Tutorial Membuat Gmail" he he)

Nah saat mulai mencoba serius ngeblog itulah, berbagai macam cobaan datang, mulai dari tulisan font yang tidak sesuai keinginan, sampai template error, dapat kode error seperti ini: bx error codes

Pertama kali template error benar-benar pusing bagaimana cara memperbaikinya. Untungnya R10 tak panik, dengan googling menggunakan keyword "bx error" akhirnya dapat juga solusinya. Nah saran R10 buat blogger yang menjumpai error seperti ini jangan takut dulu, cukup googling dengan keyword sesuai kode errornya, insya Allah ditemukan solusinya.

Blog Generasi Ketiga

Blog Catatan R10 ini bisa dibilang blog generasi ketiga. Artikel pertama Catatan R10 adalah "Riquelme Tolak Maradona" yang diterbitkan pada 6 Mei 2010. Saat mengurus template generasi ketiga ini, umumnya R10 sudah jarang mengalami kode bx error. Biasanya masalah template yang R10 hadapi saat ini adalah saat mengutak-atik template hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Misalnya kenapa widget ini tak bisa dihapus, tak bisa dirubah warnanya, dan hal-hal semacam itu.

Update:

Entri ini sudah kuupdate dengan mengganti judul: "Intikali Giveaway" menjadi "Sejarah Ngeblog R10", kategori juga sudah diganti dari "Giveaway" menjadi "Catatan R10".