Sep 9, 2011

Berapa Harga Untuk Mendengar?

Berapa harga untuk mendengar? Itulah judul artikel blogger Yusnita Febri, 19 Agustus 2011 lalu. Posting kali ini merupakan tanggapan R10 terhadap artikel tersebut. Seperti yang dijelaskan Yusnita Febri, bila tingkat gangguan mendengar semakin berat maka semakin mahal pula harganya.


Selain itu penggunaan teknologi juga turut mempengaruhi tingkat harga. Alat Bantu Dengar analog tentu akan berharga lebih murah dari Alat Bantu Dengar digital. Teknologi memungkinkan pengguna ABD untuk mendengar lebih alami, semakin banyak jumlah channel yang dimiliki ABD digital maka akan semakin alami suara yang akan didapat. ABD digital juga memiliki teknologi perendam suara, dengan pengaturan melalui komputer dapat diatur suara yang diinginkan di keramaian, di tempat sepi dan di saat menelpon.

Untuk Alat Bantu Dengar analog harganya mungkin masih akan terjangkau. Namun R10 sarankan untuk tidak membeli ABD secara sembarangan hanya karena merasa pendengaran berkurang. Belilah di toko resmi karena mereka menyediakan pelayanan gratis seperti berikut:

tes audiometri (gambar dari sini)

1. Tes suara. Baik tes Audiometri untuk yang sudah mampu berkomunikasi sederhana, atau juga tes BERA (Brain Evoked Response Audiometry) untuk bayi/balita.

2. Melalui tes suara akan dapat diketahui tingkat kehilangan suara. Frekuensi yang bisa direspon hingga 120 db. Lebih dari itu maka akan disebut Profound hearing loss.

3. Fitting alat. Dari hasil tes suara dapat diketahui jenis ABD yang dapat digunakan. Bila yang terpilih ABD digital maka akan dilakukan pengaturan suara melalui komputer agar pengguna ABD mendapatkan zona nyaman suara, tidak terlalu bising, tidak terlalu rendah suaranya.

Eramold penghubung saluran ABD dengan telinga (gambar dari sini)

4. Cetak earmold. Earmold adalah cetakan penghubung ABD dengan saluran telinga, dengan tujuan membantu memperjenih suara (tidak ada suara yang terbuang).

Harga Alat Bantu Dengar

widex fl-19 (gambar dari sini)

Karena harga ABD begitu variatif tergantung tingkat penurunan pendengaran dan teknologi yang digunakan, maka R10 akan memberikan perkiraan harga ABD sesuai dengan tingkat penurunan suara yang R10 miliki. Sekitar 2-3 tahun yang lalu (lupa) R10 membeli kembali ABD setelah yang dahulu rusak (selama beberapa tahun tak memakai ABD). Harga yang R10 beli untuk tingkat pendengaran kurang dengar berat (71-90 dB) merek Widex Flash FL-19 (digital 5 channel) adalah seharga sekitar 7 jutaaan. R10 membeli sepasang jadi harga yang harus dibayar hampir mencapai 15 juta rupiah.

Jumlah yang sangat besar dan pembelian ABD ini menggunakan uang warisan penjualan tanah milik almarhum eyang R10 dari pihak bapak. Awalnya uang ini akan digunakan keluarga besar bapak untuk bersama-sama naik haji (bapak dengan kakak-kakaknya). Namun akhirnya bapak gagal naik haji bersama-sama dengan keluarga besar karena keluarga besar memutuskan untuk menggunakan uang haji bapak untuk membeli Alat Bantu Dengar R10 (yang mencapai hampir 15 juta).

Sebagai informasi tambahan Alat Bantu Dengar digital dengan 15 chanel untuk tingkat pendengaran kurang dengar berat adalah sekitar 20-24 juta rupiah di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai. Dan umumnya ABD harus dibeli sepasang agar tercipta keseimbangan suara telinga kanan-kiri. Jadi budget untuk membeli ABD digital 15 channel adalah 50 juta rupiah.





19 comments:

  1. Ini informasi yang penting untuk diketahui.
    Sebagai manusia normal pendengaran kita tentu ada batasnya terutama disebabkan oleh bertambahnya usia.

    ReplyDelete
  2. mahal juga ya
    kirain hampir sama dengan headphone biasa

    ReplyDelete
  3. saya sering lihat alat bantu dengar, dan sering mikir apakah pada suatu saat akan memakainya juga?

    ReplyDelete
  4. dan tuhan ngasih kita gratis...
    masihkah tidak mau bersyukur...?

    ReplyDelete
  5. Wow.. mahal banget ya.
    Kita yang di kasih pendengaran normal harusnya bersyukur :)

    ReplyDelete
  6. Kalo buat saya mahal sob... belon ada warisan, kayaknya juga gak dapat deh, hehehe...

    ReplyDelete
  7. nikmat (Tuhan) manakah yang kamu dustakan?

    memang nikmat mendengar itu mahal, begitu juga nikmat lainnya ... mari kita syukuri adanya :)

    ReplyDelete
  8. mahaaaaaaaaaal, kesian yang nggak mampu beli >.<

    ReplyDelete
  9. Saya turut prihatin dengan mahalnya harga ABD, namun sy yakin r10 akan menjadi blogger dengan raihan monetasi yang hebat ... sehingga berapun harga ABD akan dengan mudah dimiliki bahkan r10 bisa berangkat haji... AMIIN.

    ReplyDelete
  10. wah mahal amat ya mpe 7 juta gitu satunya. Saya yang masih smp gini gak mungkin punya uang segitu. kekeke

    ReplyDelete
  11. mahal sekali ... saya sampai tidak bisa komen apa-apa ...
    Apa r10 pernah mencoba terapi lilin? katanya yang pendengarannya rusak pun bisa sembuh dengan terapi lilin. kalau enggak salah tempat terapinya di daerah jakarta barat ... kalau belum nanti saya coba cari deh nomer telefonnya. semoga masih di simpan.

    ReplyDelete
  12. Ya Allah...sungguh mahal ABD tersebut. Alhamdulillah anda bisa membeli ABD dari keluarga yang mencintai anda. Sungguh senang dan bahagia sekali.

    Sering mendengar lagu lewat earphone apakah akan merusak telinga kita? Saya sering melakukan itu. Semoga tidak terjadi apa-apa.

    ReplyDelete
  13. MaasyaALLAh, mahalnya...boleh tau nama akun FB Anda??
    AlhamduLILLAh walaupun punya masalah pendengaran dari kecil, tapi saya bnyak baca, bisa menyelesaikan pendidikan sampai PT, bergaul dg orang-orang "normal", bekerja di tengah orang-orang normal, terbiasa membaca gerak bibir...terbiasa jujur ttg kondisi pendengaran, kadang sambil bercanda sk bilang, "ngomongnya nyaring dikit dong, kuping ana kan error" atau "Can You speak loudly???" Hehe...PD.
    YAk dipungkiri, ada saat-saat Pd, ada saat-saat down.
    Biidznillah...tetep SEMANGATZZZ!!!

    ReplyDelete
  14. @ Dewi Readmore:

    email/fb kamu apa? insya allah nanti aku request friend ke kamu

    ReplyDelete
  15. Hidup itu indah, apapun keadaan kita.

    ReplyDelete
  16. Kalo sekarang harga Hearing Aid sudah banyak yang murah kok. Memang sih kualitas ber-beda2, tetapi pertimbangan kemampuan keuangan juga sangat penting. Oleh karena itu yang terpenting adalah alat berfungsi baik dan sesuai dengan kemampuan keuangan. Merk yang mahal kalau pemakaiaannya tidak hati-hati juga akan cepat rusak. Kebetulan kami berbisnis di bidang ini. Kami mengerti kebutuhan Anda dan kami memberikan pelayanan garansi serta service purna jual. Kunjungi saja web kami di www.bantudengar.com

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.