Aug 23, 2011

Membaca Hadits Secara Online Dari Kitab 9 Imam

Tidak seperti Al Quran online, hadits online yang memiliki terjemahan bahasa Indonesia masih sangat sedikit. Untungnya sekarang kita dapat membaca hadits online terjemahan bahasa Indonesia secara gratis di Lidwa. Lidwa menyediakan kitab dari 9 imam secara lengkap.

Ke-9 Imam tersebut adalah:

1. Shahih Bukhari
2. Shahih Muslim
3. Sunan Abu Daud
4. Sunan Tirmidzi
5. Sunan Nasa'i
6. Sunan Ibnu Majah
7. Musnad Ahmad
8. Muwatha' Malik
9. Sunan Darimi

Fitur versi online ini cukup bagus, kita dapat melihat daftar isi kitab, diagram sanad hadits, membandingkan antar hadits, juga fitur pencaharian. Kalau ada kekurangan, yaitu sejumlah fitur lainnya tidak dapat dijalankan di versi online dan hanya bisa dijalankan di versi desktop (berbayar).

Hadits online versi online ini tidak dapat dicopy/disalin. Fasilitas ini hanya ada di versi desktop. Kenapa versi online tidak bisa disalin? Sebab Lidwa telah berjuang keras untuk menerjemahkan hadits dari imam 9 dari kumpulan puluhan kitab dan itu membutuhkan dana sangat besar. Kita tidak perlu lagi repot membeli kumpulan berbagai kitab karya imam 9 yang bisa menghabiskan dana hingga puluhan juta rupiah.

Berikut kutipan dari Lidwa tentang alasan mereka berusaha melindungi hak cipta mereka:

Mengingat besarnya dana yang dibutuhkan, kami mohon dukungannya untuk tidak menggunakan versi bajakan yang beredar. Hal tersebut dapat mematikan proyek ini yang pada akhirnya kita tak dapat lagi menikmati berbagai kitab dengan mudah. Kami juga telah menyediakan versi online yang dapat diakses secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Kami juga menemukan pihak di luar Islam yang menyebarkan versi bajakan. Hal ini sangat menakutkan karena kita tidak mengetahui lagi validitas data terjemahan yang ada. Tidak tertutup kemungkinan terjemahan yang ada sudah tidak sesuai.
R10 menyarankan pembaca untuk berhati-hati dengan musuh Islam yang nyata, situs seperti forum faith freedom sangat bersemangat membenci Islam, karena itu berhati-hatilah menggunakan hadist bajakan yang tidak diketahui validitasnya.