Aug 15, 2010

Myquran - Komunitas Muslim Indonesia


Myquran adalah komunitas muslim terbesar di Indonesia, pertama kali berdiri 29 Juli 1999. Saat ini berada di peringkat 59.315 (Internasional) dan peringkat 864 (Indonesia) menurut Alexa Rangking. Myquran merupakan jawaban atas kerinduan umat Islam untuk memiliki jejaring sosial mereka sendiri, sehingga mereka dapat saling menjalin ukhuwah islamiyah. Pak Atmo (id: Atmonadi) pendiri Myquran mengatakan saat itu di dunia maya Indonesia belum ada komunitas muslim yang dapat dijadikan patron.

Walau sempat mengalami up-down karena masalah keterbatasan server, komunitas penggemar Myquran terus bertambah. Saat ini setidaknya terdapat 9 komunitas penggemar Myquran berdasarkan wilayah, yakni Myquran Luar Negeri, Jadebotabek, Bandung, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Medan dan Minang. Ada juga komunitas berdasarkan hobby atau pekerjaan. Kunjungi Thread Silahturahmi Myquran untuk detail. Tidak jarang diadakan kopi darat untuk sarana ta'aruf (silahturahmi).

Masa-Masa Sulit Myquran

Myquran sempat mengalami masa-masa sulit, seperti:

1. Server crash karena kebanyakan pengunjung.

2. Terjadi "perang antar mazhab" di board "Dunia Dakwah Islam (DDI)" dimana pada akhirnya mazhab "A" merasa tidak cukup diperlakukan dengan adil karena merasa selalu dijelek-jelekan. Kemudian mazhab ini menuduh moderator board "DDI" tidak cukup moderat dalam menangani board "DDI".

3. Menjadi sarana penghinaan dan pemurtadan terhadap agama Islam pada board "Islam Dan Agama Lain (Isagala)". User dari agama non muslim bebas leluasa dalam mengeluarkan pendapat-pendapat mereka yang bertujuan menghina Islam dan membuat mereka murtad. Board Isagala pun menjadi ajang caci-maki, sampai bisa disebut terjadi "perang agama" saking panasnya. Dan Myquran pun tiba-tiba menjadi "musuh nomor 1" kaum muslimin karena dianggap membiarkan musuh-musuh Islam menyerang Islam. Jelas terlihat musuh-musuh Islam melihat peluang menyerang Islam "di rumahnya sendiri", setelah melihat moderator dan admin Myquran "membiarkan mereka masuk dengan leluasa".

MyQuran Berbenah

Untuk poin 1, terhitung 31 Desember 2009 Myquran berbenah dengan kembali pindah ke domain .com sedangkan domain .org menjadi "read-only" atau pengarsipan. Resikonya jumlah user menjadi berkurang drastis. Dari 73.634 anggota (Myquran.org) menjadi 6,353 anggota (1,643 anggota aktif) pada Myquran.com sampai dengan tanggal 14 Agustus 2010.

Untuk poin 2, board DDI berbenah dengan mengganti moderator serta membuat aturan baru yang mengharuskan terjadinya diskusi sehat, saling menghormati antar muslim dan melarang penghinaan terhadap ulama.

Untuk poin 3, board Isagala juga tak luput dari perbaikan. Awalnya board ini tidak memiliki moderator, kemudian diadakan moderator dan dibuat aturan main. Antara lain, tidak boleh ada id user yang provokatif dengan tujuan menghina agama lain. Diskusi yang sehat dan dilarang mengeluarkan kata-kata kotor. Tidak boleh menghina pendiri agama lain. Board ini juga berganti nama menjadi ILKA (Islam, Aliran Kepercayaan dan Agama Lain).

Kesimpulan

Myquran merupakan komunitas muslim terbesar di Indonesia, merupakan wadah yang tepat untuk ber-ta'aruf (bersilahturahmi) antar muslim, untuk memperkuat ukhuwah islamiyah. Kerinduan untuk melihat kaum muslim bersatu terlihat di board-board non DDI dan Isagala.

Sayangnya gambaran sulitnya kaum muslimin untuk bersatu dan tidak terpecah belah juga dapat dilihat di board DDI, di mana antar mazhab saling ribut dan ingin menang sendiri, sebagai komunitas muslim yang umum, sebaiknya Myquran perlu menempatkan moderator yang benar-benar moderat untuk menengahi potensi perpecahan umat.

Adanya board Isagala di Myquran dapat dimengerti sebagai sarana untuk berdiskusi dengan penganut agama lain yang tertarik berdiskusi dengan kaum muslimin. Namun Myquran perlu memastikan agar diskusi berjalan sehat dan tidak membiarkan musuh-musuh Islam menyerang dan menyakiti kaum muslimin di rumah sendiri.