Jun 10, 2010

Istilah-Istilah Di Twitter

Twitter merupakan social networking yang tampaknya lebih populer dibandingkan dengan Facebook. Karena fitur-fitur Twitter sederhana saja, tidak seperti Facebook yang "semuanya ada". Masalahnya banyak sekali orang Indonesia yang tidak mengerti menggunakannya, sehingga mereka tidak merasakan keasyikannya. Berikut merupakan istilah-istilah di Twitter. Kenali fungsinya jadi paham cara menggunakannya.

Tweet :
Ini merupakan seperti post shout di Friendster atau what's on your mind?  di Facebook. Jumlah maksimal tweet adalah 140 karakter.

Follow:
Merupakan istilah untuk akun twitter yang anda ikuti. Untuk mengikuti akun twitter seseorang cukup klik tombol follow. Following artinya akun twitter yang anda ikuti, sedangkan Followers merupakan akun twitter yang mengikuti anda. Untuk mengetahui jumlah Following/Followers, cukup melihat sisi kanan home twitter kita.

Reply:
Reply berguna untuk membalas isi tweet orang lain. Caranya mudah cukup klik tombol reply pada di bawah nama pemilik tweet tersebut.

Mention (@):
Berguna untuk menyebut id twitter seseorang dalam isi posting.  Biasanya digunakan untuk me-reply. Cara mengetahui siapa saja yang menyebut id twitter kita, klik tulisan @idanda yang ada di sebelah kanan (home twitter)

Retweet (RT) :
Retweet (RT) sangat berguna untuk mengulang isi tweet orang lain. tanpa perlu melakukan copy-paste isi posting tersebut. Biasanya retweet dilakukan bila ada isi posting yang kita anggap menarik. Fungsi ini mirip dengan fitur "like" di Facebook. Untuk melakukan retweet cukup klik tombol retweet di bawah nama pemilik tweet.

Hashtag (#) :
Berguna untuk memberi tanda pada topik tertentu sehingga orang lain dapat mudah mencari topik tersebut. Contoh penggunaan hashtag: #indonesiaunite, #followfriday, #whenifirstmet, #jamanSD,

Trending Topic (TT) :
Ada di sebelah kanan home twitter anda. Menunjukkan topik yang paling banyak di bahas twitter.

Favorites :
Mirip Fitur Bookmark pada web/blog, kita bisa melakukan "bookmark" terhadap twitter seseorang dgn mengklik simbol bintang di tweet mereka.

Rss Feed :
Berlangganan "status" twitter seorang. Pilihlah Feed Reader yang disukai, misalnya Google Reader.

Listed :

Dari "Listed" kita akan dapat mengetahui siapa saja yang membuat daftar "list" menyangkut/mengikuti kita (List Following You) dan juga jumlah "list" yang kita ikuti (List You Follow). "Listed" terletak di sebelah jumlah Following dan Followers kita. Bila kita menerima daftar list terhadap kita (misalnya kita berada di daftar list "You Jerk" maka kita dapat menghapus daftar tersebut dengan melakukan "block" terhadap orang tersebut. Hati-hati memblock seseorang juga berarti unfollow terhadap orang tersebut.

Direct Messages :

Bila kita ingin membalas pesan seseorang (reply) namun tidak ingin dibaca oleh orang lain dapat menggunakan Direct Messages. Tidak semua follower kita dapat ada di daftar message. Jadi cara paling cepat adalah dengan menulis langsung. Caranya sebagai berikut: d(spasi)username(spasi)komentar contoh:
d rio2000 tes direct messages

Cara Mengetahui Tweet Teman Kita

Bagaimana cara mengetahui tweet kita di reply? Atau bagaimana  cara kita mengetahui bahwa teman kita melakukan tweet? Bila followers kita sedikit mungkin bukan masalah, tapi kalau banyak ini akan menjadi masalah. Cek satu persatu teman kita di Twitter tidak efektif. Untuk menyiasatinya, gunakan RSS  Feed (berlangganan). Berlangganan tweet teman kita misalnya melalui Google Reader. Caranya buka halaman twitter teman kita lalu pada halaman bawah klik rss feed, pilih berlangganan melalui Google Reader.

Kemudian pada Google Reader buatlah folder baru, misalnya "twitter teman sekantor".  Atau cara lain gunakan aplikasi pihak ketiga yang melayani Twitter (misalnya Gwibber di Linux atau juga Tweetdeck di Windows/Mac).

Update!!!

Cara untuk mengetahui daftar teman kita melalui feed atau twitter client, cukup merepotkan. Twitter sekarang menyediakan fitur baru yakni, "lists". "Lists" dapat ditemukan di sisi kanan home Twitter.

Cara Membuat Lists

1. Klik Lists lalu beri nama List tersebut (misalnya "teman sekolah") lalu pilih opsi public/private.

2. Tambahkan teman-teman anda (melalui fitur search). Setelah menemukan nama teman anda, klik List dibawah nama teman anda tersebut.

3. Bisa juga menambahkan langsung tanpa perlu mencari melalui fitur search. Caranya juga cukup klik List di bawah nama teman anda.

Untuk mengetahui siapa saja yang menyebut id twitter kita, klik tulisan @idanda yang ada di sebelah kanan (home twitter).

Cara ini akan memudahkan anda memantau aktivitas teman-teman anda (seperti Facebook).